PEKANBARU, GORIAU.COM - Banyaknya perusahaan besar yang beroperasi di Riau dinilai tidak akan memberikan dampak yang besar untuk peningkatan mutu dan kualitas hidup masyarakat. Karena sejauh ini, belum ada perusahaan yang dinilai memberikan dampak besar terhadap mereka.

Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun, Rabu (16/4/2014), menjelaskan, yang dibutuhkan masyarakat, terutama masyarakat miskin saat ini adalah lahan atau tanah untuk mereka berusaha mengubah kehidupan menjadi layak.

"Jika perusahaan-perusahaan bisa melakukan itu, dalam artian memberikan beberapa lahan atau tanah kepada masyarakat untuk bercocok tanam, saya yakin masyarakat akan sangat terbantu," tegas Gubri.

Sementara sejauh ini, belum pernah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terkait. "Pemerintah jelas tidak akan bisa melakukan itu, karena nantinya akan menjadi masalah pada akhirnya," ujar Gubri.

Artinya, semasa dirinya menjadi Bupati Rokan Hilir (Rohil), pernah dilakukan untuk memberikan bibit-bibit tanaman untuk masyarakat, namun akhirnya dianggap kesalahan dan dilarang oleh dinas terkait.

Untuk itu, Gubri berharap peran perusahaan bersama organisasi terkait bisa memberikan solusi yang baik untuk itu. Saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau, di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, Rabu (16/4/2014), Gubri juga meminta agar mereka yang sudah dilantik bisa melanjutkan tujuan tersebut.

"Saya berharap kepada Apkasindo Riau bisa memperjuangkan ini. Bekerjasama dengan pemerintah daerah dan dinas terkait, cari solusi yang terbaik untuk mereka yang miskin," harap Gubri.***