RENGAT, GORIAU.COM-Kerusakan jalan Lintas Tengah yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dengan Kabupaten Kuantan Singingi makin rusak. Disepanjang ruas jalan ini terdapat ribuan lobang yang membahayakan pengendara. Pemandangan tidak sedap ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. 

Pantauan Goriau.Com saat arus balik lebaran kemarin, ditemukan ribuan lobang yang menganga diruas jalan itu. Mulai dari Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu hingga Kecamatan Benai Kabupaten Kuansing. Kondisi itu meresahkan pengguna jalan, tidak jarang para pengendara yang celaka saat melintasi ruas jalan itu.

Ruas jalan ini sudah lama rusak namun tak kunujung diperbaiki pihak terkait. "Kita merasa tidak nyaman melewati ruas jalan ini, apa lagi mengendarai sepeda motor," ujar salah seorang warga Kuansing yang balik ke Inhu Ahmad Damri (38), Rabu (6/8/2014) di Pematang Reba.

Dikatakannya, perhatian pemerintah terhadap ruas jalan ini sangat minim. Hal itu dibuktikan dengan lambannya upaya perbaikan, bahkan sudah bertahun-tahun tidak juga tuntas diperbaiki. Padahal ruas jalan ini tidak hanya dilintasi oleh masyarakat yang ada di dua kabupaten Inhu-Kuansing melainkan jalan tersebut adalah sarana transportasi dari Provinsi Sumbar menuju Tembilahan via Telukkuantan.

Dengan demikian, diharapkan perhatian khusus dari pemerintah Provinsi Riau untuk memperbaiki ruas jalan itu. "Kita yakin dengan alokasi dana yang cukup dari Pemprov Riau, perbaikan ruas jalan Inhu - Kuansing itu bisa selesai diperbaiki di tahun 2014 ini," tukasnya.

Menaggapi hal itu, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini mengatakan, diharapkan anggota DPRD Riau asal Inhu-Kuansing agar memperjuangkan dana pembangunan untuk daerah ini. Pembangunan dimaksud bisa meliputi berbagai infrastruktur yang dibutuhkan warga, termasuk juga jalan provinsi yang masih butuh perhatian.

Tanpa perjuangan yang maksimal anggaran pembangunan untuk daerah Inhu akan makin minim. Wabub juga berharap sejumlah instansi terkait didua kabupaten ini untuk berkoordinasi dengan Pemrov Riau, termasuk juga dengan anggota DPRD Riau asal Inhu-Kuansing agar memperjuankan dana pembangunan untuk daerah ini.(Jef)