PEKANBARU, GORIAU.COM - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT mengajak seluruh masyarakat Pekanbaru pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar mencintai dan menggunakan barang-barang butan dalam negeri. Karena mutu produk dalam negeri tidaklah kalah dibanding dengan produk luar negeri.

Hal itu diungkapkan Walikota ketika memberikan pengarahan dan sambutan  dalam acara Gerakkan Konsumen Cerdas 2014 yang digelar  Sabtu (19/4) lalu dihalaman kantor Walikota Pekanbaru kerjasama antara Pemko Pekanbaru dengan LPP RRI Pekanbaru.

Dalam acara yang juga dimeriahkan dengan pasar murah  1000 paket sembako, lomba chelidier, lomba mewarnai bagi anak-anak TK, serta bazar makanan dan minuman tersebut dihadiri oleh Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementrian Pedagangan RI Widodo SH, Dirut RRI Dra Rosanita Niken Widiaastuti, seluruh pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru serta ribuan warga yang antusias mengikuti dan menikmati jalannya perlombaan dengan menghadirkan Duta Konsumen Cerdas Tasya mantan penyanyi cilik Indonesia.

Walikota juga menyebutkan bahwa dewasa ini sebagian besar masyarakat Indonesia lebih gemar membei dan mengkonsumsi produk-produk luar negeri, padahal produk dalam negeri lebih menjamin aspek hak-hak konsumen.

"Pekanbaru adalah pintu gerbang masuknya barang-barang dari negara lain. Dan kita tahu betapa tingginya tingkat konsumtif masyarakat terhadap produk-produk luar negeri. Padahal produk dalam negeri juga lebih baik dari produk luar negeri tersebut. Hanya saja sebagian besar masyarakat  kita lebih bangga memakai barang-barang merk luar daripada merek dalam negeri,'' ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota bahwa selama bangsa ini lebih gemar mengkonsumsi barang-barang luar negeri, maka selama itu bangsa kita dan masyarakat kita akan menjadi ajang  dan pangsa pasar Negara lain.

"Acara ini kebetulan direlay oleh RRI ke seluruh Indonesia, maka di sini  kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, marilah kita mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri kita sendiri, lebih aman, lebih terjangkau, lebih efisien, dan lebih ekonomis dengan mutu yang tidak kalah dari produk luar negeri,'' ajak Walikota.

Dalam acara yang dilanjutkan dengan dialog inter aktif nasional tersebut Walikota juga menyebutkan bahwa untuk menjamin hak-hak masyarakat selaku konsumen di Pekanbaru, Pemko pekanbaru telah membentuk sebuah lembaga yang dibei nama Badan Penyelesaian Sengekta Konsumen BPSK.

"Masyarakat konsumen yang merasa dirugikan atau pelaku usaha yang merasa dirugikan dapat menyelesaiknya di BPSK. Semakin banyak masyarakat yang melapor kepada BPSK berarti konsumenya juga sudah semakin cerdas pula. Teliti sebelum membeli,'' pesan Walikota.

Sementra itu Dirjen kementerian Perdagangan RI Widodo SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakaan Konsumen Cerdas tersebut adalah gerakan Nasional untuk mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri.

"Kita juga berharap para pelaku usaha  memperhatikan hak-hak dari konsumen. Kualitas produk harus lebih banik, dengan harga yang kompetitif. Gerakan ini akan terus kita sosialisasikan epada masyarakat dengan memberikan informasi dan edukasi  secara kelembagaan maupun secara pembinaan,'' ujar Widodo.(rls)