PEKANBARU, GORIAU.COM - Panitia Pelaksana terpaksa mengundurkan jadwal penyerahan KPID Riau Award 2015 yang seyogyanya akan dilakukan pada 15 November 2015 ini. Pengunduran ini disebabkan berbagai kendala teknis, termasuk kondisi udara Pekanbaru yang tidak sehat akibat kabut asap.

Ketua Panitia Pelaksana KPID Riau Award 2015, Khery Sudeska mengatakan, kemungkinan penyerahan penghargaan yang digelar untuk kegita kalinya ini, digelar pada akhir November atau awal Desember 2015 mendatang. Meski demikian, saat ini untuk peserta yang ambil bagian sudah mencapai target atau lebih dari 20 pendaftar. Masih ada tiga peserta lagi dalam proses verifikasi.

"Kami terpaksa mengundurkan jadwal KPID Award 2015 karena masalah teknis. Sehingga batas pengiriman karya untuk LPP radio semulai tanggal 31 Oktober dan televisi tanggal 4 November, kami perpanjang sampai 16 November mendatang. Ini biar peserta lebih ramai, dan makin berkualitas pilihan juru nanti," sampai Khery kepada GoRiau.com, Selasa (3/11/2015).

Kordinator Bidang Kelembagaan KPID Riau ini menyebutkan, pertimbangan panitia mengundurkan jadwal kegiatan mengingat sponsor acara banyak dari Jakarta, salah satunya Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATSI). Begitu pula artis pendukung Katon Bagaskara. "Sayangkan kalau teken kontrak, mereka tak bisa datang karena kabut asap, oleh sebab itu kami berinisiatif mengundurkan jadwal, sekaligus mematangkan materi kegiatan," sambungnya.

Dia menyebutkan, dalam ajang KPID Riau Award 2015 ini, ada dua kategori penghargaan untuk LPP radio dan televisi. Untuk radio program acara berita, hiburan dan topshow. Sementara untuk kategori televisi dalam program berita, budaya dan karib Riau.

Masing-masing pemenang akan mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta. Proses seleksi akan dilakukan dewan juri berpengalaman yang terdiri dari tiga Komisioner KPID Riau, unsur jurnalis, praktisi penyiaran, akademisi, budayawan, tokoh masyarakat dan unsur pemerintah.

"Kami mengimbau kepada lembaga penyiaran televisi dan radio di Riau untuk berpartisipasi sebisa mungkin dalam ajang KPID Riau Award 2015 ini," ulas dia.

Untuk hari puncak, Khery mengatakan kepada nominasi dan undangan akan diberitahu paling lambat seminggu sebelum acara dimulai.(rul)