JAKARTA - Air terjun merupakan kekayaan alam yang sangat menarik. Indonesia adalah sebuah negara yang tidak hanya kaya akan pantai dan pegunungan, tetapi juga memiliki banyak air terjun cantik. Jumlah air terjun yang saat ini sudah terdata saja lebih dari ratusan, baik yang kecil maupun yang besar.

Dari sekian banyak air terjun yang ada di Tanah Air, beberapa diantaranya terbilang cukup unik. Ada yang mengalir di bebatuan hijau raksasa (warna hijau bebatuan bukan dari lumut tetapi asli warna batu tersebut), ada yang memiliki undakan sangat banyak, ada yang kembar, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan cantik sembari merasakan kesegaran hutan dan mata air alami, maka air terjun adalah destinasi yang pasti akan memuaskan. Dua air terjun di Indonesia ini mungkin masih sangat jarang terdengar, namun keduanya begitu cantik sekaligus menawarkan pemandangan yang unik dan langka. Berkunjung ke daerah ini pun bisa dengan sangat mudah dilakukan, terbang dengan maskapai Sriwijaya Air bisa dilakukan dengan sangat mudah karena booking tiket Sriwijaya Air bisa dilakukan di situs seperti Traveloka.

Air Terjun Telun Berasap - Jambi (Air terjun berasap)

Air terjun ini dinamakan TELUN BERASAP karena curah airnya memunculkan asap. Asap tersebut sebenarnya terjadi karena volume air terjun yang tinggi menimbulkan percikan air berjumlah banyak dan tebal sehingga menampakkan kabut. Keunikan ini akan semakin terlihat kala sinar matahari menerpa dan turut memunculkan pelangi yang cantik.

Air Terjun Telun Berasap begitu terjaga keasriannya karena berada di dalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Pondok-pondok disediakan di dekat air terjun agar para pengunjung bisa puas menikmati pemandangan air terjun setinggi 50 meter tersebut di tengah rimba Kerinci yang sangat rimbun dan menyegarkan mata.

Air Terjun Telun Berasap berada di Desa Telun Berasap, kecamatan Kayu Aro – Kerinci. Jika Anda datang dari luar kota, harus mendarat dulu di kota Jambi atau Padang. Untuk terbang murah ke kota-kota tersebut, Anda bisa membeli tiket pesawat Sriwijaya Air secara online dari jauh-jauh hari.

Selanjutnya, lanjutkan perjalanan menuju Sungai Penuh yang berjarak 10 jam perjalanan darat dari kota Jambi, dan 7 jam dari kota Padang. Dari Sungai Penuh, lanjutkan lagi perjalanan sepanjang 60 km menuju Desa Telun Berasap.

Curug Luhur - Bogor (Air terjun dengan waterpark/wahana permainan air)

Curug Luhur merupakan sebuah air terjun yang berada di lereng Gunung Salak. Anda dapat menemukannya pada ketinggian 630 meter di atas permukaan laut. Jika memandangi air terjunnya, curug ini memang terkesan cukup normal. Tingginya 62 meter dengan sumber mata air dari Gunung Salak yang paling legendaris di Bogor. Pemandangan sekitarnya nampak subur menyegarkan khas kota Bogor.

Yang menjadi keunikan khas dari Curug Luhur adalah kelengkapan sarana dan prasarananya. Meskipun objek wisata ini merupakan bentukan alam, namun di sekitarnya telah dilengkapi vila, penginapan, restoran, warung, mushola, dan kamar ganti. Menariknya lagi, di bagian bawah air terjun juga terdapat waterpark/wahana permainan air buatan.

Kolam renang yang lengkap dengan seluncuran berwarna-warni nampak begitu menggoda siapa saja. Nuansa alam tetap terjaga karena air kolam renang tersebut juga berasal dari aliran air Curug Luhur. Biaya masuknya tidak sampai Rp50.000 per orang.

Curug Luhur dapat ditemukan di Desa Gunung Malang, Tenjolaya – Bogor. Lokasi tersebut kira-kira berjarak 20 kilometer ke arah selatan kota Bogor, dengan waktu tempuh perjalanan darat sekitar 30-45 menit. Jika Anda datang dari Jakarta, perjalanan yang harus dilalui untuk mencapai Curug Luhur ini kira-kira 2 jam berkendara. (adv)