PEKANBARU GORIAU.COM - Sebanyak 6 tangki timbun milik PT IBP di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sei Sembilan, Dumai, mengalami kebocoran pada Sabtu (15/11/2014) sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya, daerah sekitar tercemar minyak CPO. Untuk kebutuhan penyelidikan Polres Dumai, sudah memasang police line, mengambil sample dan mengamankan beberapa barang bukti.

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, Minggu (16/11/2014) malam. Diungkapkannya, pihak perusahaan sudah melakukan upaya pembendungan kanal agar minyak tidak mengalir ke sungai dan laut. Caranya dengan memasang safty oil boom milik PT Pelindo Dumai.

"Polisi sudah melakukan olah TKP dan memeriksa 2 orang saksi pasca terjadinya tumpahan CPO akibat kebocoran tangki penampungan Sabtu malam," kata Guntur.

Dijelaskannya, dilokasi ada sekitar 6 tangki timbun yang mengalami kebocoran. Hasil penyelidikan sementara, kebocoran tangki diduga akibat ambruknya salah satu pondasi tangki, sehingga merembet ke tangki yang lain. Dari 6 unit tangki itu, 2 unit berisi muatan minyak PKO yaitu CPO yang telah atau akan diolah menjadi minyak goreng,. "Empat unit tangki lainnya dalam keadaan kosong. Masing-masing tangki berisi sekitar 3.000 ton," ungkap Guntur.

Akibat peristiwa tersebut, minyak mengalir ke anak sungai di sekitar areal perusahaan dan lingkungan masyarakat setempat. Masyarakat ikut berpartisipasi dalam mengumpulkan tumpahan minyak yang menyebabkan arus lalu lintas di lokasi itu sempat mengalami kemacetan.

"Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materi belum dapat ditaksir, kita masih melakukan penyelidikan," tandas Kabid Humas Polda Riau.(wdu)