PEKANBARU, GORIAU.COM - Serikat Perempuan Indonesia (Seruni) Riau ikut berpartisipasi dalam program Women's Travelling Journal atau Jurnal Keliling Perempuan. Ada 5 provinsi yang terlibat dalam program ini, Jambi, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat dan Riau.

Demikian dikatakan Ketua Seruni Riau, Widya Astuti, Selasa (26/08/2014). Menurutnya, jurnal ini akan mendokumentasikan kehidupan sehari-hari perempuan desa, petani, anak, anggota organisasi dan bagian dari masyarakat tentang pikiran mereka mengenai kedaulan pangan. "Sesuai dengan programnya, jurnal keliling perempuan ini akan berkeliling ke lima provinsi yang dilibatkan," terang Widya.

Menurut Ketua Seruni Indonesia, Dewi Amelia yang berkunjung ke Pekanbaru, pada tahun 2013, Seruni yang tergabung dalam Asian Rural Women Coalition (ARWC) telah terlibat dalam inisiatif yang sama. Saat itu jurnal melakukan perjalanan di delapan negara Asia termasuk Indonesia. Suryati, perempuan desa asal Jawa Barat terpilih mengisi jurnal tersebut.

"Program Jurnal Keliling Perempuan merupakan sebuah inisiatif yang berada di bawah kampanye yang bertemakan Perempuan Menuntut Hak Atas Tanah dan Sumber Daya. Program ini diluncurkan pada 21 Agustus lalu di Bandung," jelas Dewi.

Menurut Ketua Seruni Riau, perempuan yang akan mengisi jurnal dari Riau salah satunya adalah Kasmini, petani perempuan asal Desa Kota Garo, Kabupaten Kampar. "Ibu Kas adalah seorang petani perempuan yang juga ketua kelompok tani yang aktif berorganisasi. Perannya sangat dirasakan oleh petani perempuan di Dusun Pencing tempatnya tinggal," tandas Widya. (wdu)