JAKARTA, GORIAU.COM - Resah dengan pengesahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), senator asal Riau H Abdul Gafar Usman akan menyurati Gubernur, Bupati dan Walikota se- Provinsi Riau.

''Kita akan surati semua kepala daerah di Provinsi Riau untuk membicarakan langkah-langkah konkrit untuk penyelesaian RTRW Riau,'' ucap anggota DPD RI asal Riau H Abdul Gafar Usman usai paripurna kemarin, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Gafar mengatakan sebelumnya juga sudah bertemu dan konsultasi dengan Ketua Komisi IV yang salah satunya membidangi masalah kehutanan untuk membicarakan bagaimana mendorong percepatan pengesahan penetapan RTRWP sesuai kewenangan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Untuk itu, Gafar berharap nantinya bagaimana pemerintah daerah mendudukkan tiga dimensi. Pertama apakah RTRW yang ditetapkan menyangkut dalam kehutanan dan betul kepentingan daerah dan kepentingan rakyat dan pemerintah yang hakiki.

''Kedua ketika ada kawasan itu terkait dengan hutan dan kebun ini juga perlu dilihat, apakah ini sesuai dengan angka rasio, jika dilihat tidak sesuai dan melanggar harus dibatalkan,'' ungkapnya.

''Kita akan surati semua kepala daerah, bagaimana langkah konkrit yang akan dilakukan untuk percepatan pengesahan RTRW, setelah itu komisi IV yang akan mengagendakan,'' tutupnya. (ari)