BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh membuka lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman tingkat Kabupaten Bengkalis 2014 di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian, Selasa (13/5/2014).

Kegiatan yang digelar Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis ini diikuti perwakilan dari 8 kecamatan. Berbagai menu kreatif asli lokal dan murah serta bergizi ditampilkan peserta dari 8 kecamatan.

Bupati dalam pengarahannya menilai kegiatan ini memiliki peran strategis dalam upaya  lebih meningkatkan wawasan sehingga lebih kreatif mengolah makanan yang bergizi dari bahan lokal.

''Kegiatan ini penting menuju generasi Indonesia emas. Untuk melahirkan generasi yang cerdas, tentu harus sehat dimulai dari konsumsi makanan yang baik dan bergizi," ujar Bupati.Hanya saja pada kesempatan itu Bupati mengingatkan kepada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian dan TP PKK untuk lebih melibatkan masyarakat dalam lomba ini dan diadakan di tempat lebih terbuka seperti di Lapangan Tugu.

''PKK harus mendorong dan memfasilitasi, bukan pelaku. Masyarakatlah pelakunya, bagaimana menu yang ditampilkan dalam lomba ini menjadi makanan keseharian masyarakat. Untuk itu pelakunya (yang ikut lomba, red) adalah rumah tangga,'' pinta Bupati.

Dipaparkan Bupati, roh dari lomba ini adalah bagaimana masyarakat setiap hari mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat sehingga melahirkan generasi yang cerdas dan sehat pula. Untuk itu harus ada variasinya dengan mengutamakan bahan baku lokal dan murah.  Pada kesempatan itu Bupati juga melakukan penyerahan satu set kompor gas untuk TP PKK kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. man(jfk)