PEKANBARU, GORIAU.COM - Honda CB150R StreetFire produksi PT Astra Honda Motor (AHM) semakin diminati pecinta motor sport Indonesia seiring dengan lonjakan penjualannya pada Januari-Mei tahun ini yang mencapai 58,8%. Hal ini membuktikan semakin tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap motor sport Honda.

Sejak diluncurkan pada Desember 2012, Honda CB150R StreetFire mampumenyedot perhatian pecinta motor sport Tanah Air. Dalam lima bulan pertama tahun ini, model sport Honda ini mampu terjual 102.653 unit atauberkontribusi signifikan 52,1% terhadap total penjualan motor sport Honda.

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjangJanuari-Mei tahun ini, total penjualan sepeda motor sport nasionaltercatat sebanyak 484.605 unit atau tumbuh 12,2% dibandingkan denganperiode yang sama tahun lalu. Sementara itu, sepeda motor sport Honda berhasil terjual 197.101 unit atau tumbuh melampaui pertumbuhan pasar motor sport nasional yaitu meningkat signifikan 33,6% dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini mengantarkan AHM menguasai 40,7% pangsa pasar motor sport nasional.

Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya menyatakanpencapaian ini tidak terlepas dari beragam daya pikat yang disematkan pada Honda CB150R StreetFire sesuai kebutuhan pecinta motor sport di segmennya. AHM berupaya terus melakukan inovasi di setiap model yang dipasarkan untukmemuaskan konsumen Indonesia.

"Terima kasih atas kepercayaan yang semakin tinggi terhadap model sportHonda CB150R StreetFire. Model ini memiliki desain dan performa terbaik dikelasnya. Kami yakin model ini mampu memberikan kebanggaan dan kepuasaan saat dikendarai pecinta motor sport Tanah Air,"ujarnya.

Honda CB150R StreetFire memiliki beragam daya pikat, yaitu mesin 150cc,4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6 Kecepatan, pendingin cairan (liquid-cooled) dengan kipas elektris otomatis, serta telah menerapkan sistem suplaibahan bakar ramah lingkungan PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

Model ini didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellisyang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Honda CB150R StreetFirememiliki panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yangsporti serta didukung panel digital lengkap yang futuristik.

Pada kegiatan Ekspedisi Nusantara di 3 pulau Sumatera-Jawa-Kalimantan,Honda CB150R StreetFire mampu menunjukkan performa tingginya. Model ini sempat diuji para rider dan menghasilkan akselerasi hingga 8 detik pada sebuah trek lurus 200 meter di wilayah perbatasan Kalimantan Selatan.Bahkan di Palangkaraya, salah satu rider mampu membukukan top speed151km/jam. Rekor ini dicatatkan saat rider melintasi jalanan sepi danberaspal mulus sebelum memasuki Palangkaraya.

Selain Honda CB150R StreetFire, pencapaian penjualan motor sport Honda juga ditopang penjualan model lainnya seperti Honda Verza 150 yang terjual 67.916 unit atau melonjak 44,9% dibanding penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 46.860 unit. Model sport Honda lainnya tercatat Honda MegaPro yang terjual 24.372 unit dan Honda CBR series dengan angka penjualan 2.155 unit.

"Selain memberikan produk dengan desain dan performa terbaik, di segmensport ini kami memanjakan konsumen dengan mengajak pembeli motor sportHonda untuk menyaksikan secara langsung pertandingan MotoGP di sirkuit Motegi, Jepang dan sirkuit Sepang, Malaysia. Tak hanya itu, kami pun menggelar aktifitas roadshow Ekspedisi Nusantara "3 Motor Jagoan Satu Hati" di 80 titik dengan berbagai program dan manfaat bagi konsumen."tambahnya.

Di segmen lainnya, Honda semakin mengukuhkan predikatnya sebagai rajamotor skutik Indonesia melalui pencapaian penjualannya di segmen skutik. Model skutik Honda mampu memikat pecinta skutik sebesar 1.538.968 konsumen sepanjang lima bulan pertama tahun ini. Pencapaian ini membawa AHM memimpin 69% di pasar motor skutik nasional.

Penjualan motor skutik Honda ditopang oleh penjualan Honda BeAT seriessebesar 834.218 unit, disusul Honda Vario series sebesar 576.877 unit,Honda Scoopy sebesar 115.892 unit, Honda Spacy sebesar 11.081 unit, sertaskutik premium Honda PCX sebesar 900 unit.

Sementara di segmen motor bebek, AHM memimpin 55,7% pangsa pasar motor bebek nasional melalui total penjualan motor bebek Honda sebesar 417.032 unit. Pencapaian ini mendapat kontribusi dari penjualan Honda Supra series sebesar 199.287 unit, Honda Revo series sebesar 159.838 unit, serta Honda Blade sebesar 57.907 unit.

Secara total, AHM telah menjual 2.153.101 unit sepanjang Januari-Mei 2014 dengan pangsa pasar 62,2% terhadap total penjualan sepeda motor nasional yang mencapai 3.462.684 unit.

Sedangkan untuk wilayah Riau, penjualan sepeda motor Honda di segmen Sport YTD April 2014 berbanding April 2013 tahun lalu mengalami pertumbuhanpenjualan sebesar 51%. Dengan pertumbuhan ini, di Riau Honda telahmemimpin pasar Sport dengan market share 36,5% dan kompetitor sebesar33,7%.

"Untuk segmen Cub Honda mengalami pertumbuhan sebesar 7% denganmenguasai market share sebesar 70%, dan untuk segmen matic Honda mengalami pertumbuhan sebesar 3% dengan penguasaan pasar sebesar 81%,"ungkap Sie Ceng, Sales Dept. Head PT CDN Riau.(adi)