PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Koordinator Kopertis Wilayah X, Profesor Damsar, MA meminta Pemkab Pelalawan membantu membesarkan Akadami Kebidanan (Akbid) Payung Pelalawan. Karena, lembaga tersebut merupakan asset daerah yang perlu dijaga, dipelihara dan didorong untuk terus maju dan berkembang sebagai upaya mencetak tenaga handal di bidang kesehatan. 


Hal ini disampaikannya saat acara wisuda angkatan ke II TA 2011/2012 Akbid Payung Pelalawan di Gedung Daerah Datuk Laksemanadiraja Pangkalan Kerinci, (23/10/2012). Pada hari ini, Akbid tadi mewisuda 25 lulusannya.


''Tak semua daerah baru memiliki Akbid, beruntunglah Kabupaten Pelalawan telah memilikinya. Karena ini merupakan asset, jadi pemerintah diharapkan memberikan bantuannya agar lembaga yang mencetak SDM handal bidang kesehatan ini bisa terus maju dan berkembang,'' katanya.


Bantuan yang dimaksud, lanjut Damsar, bisa berupa bantuan dana hibah untuk kemajuan Akbid Payung Pelalawan atau juga memberikan beasiswa baik kepada mahasiswa maupun dosen yang bertugas disana.


''Bantuannya bisa berupa dana hibah untuk kemajuan lembaga ini atau juga beasiswa secara kontinyu untuk mahasiswi dan dosen disana,'' ucapnya.


Selain itu pula lanjut Koordinator Kopertis ini lagi, daerah juga harus mendukung agar Akbid Payung Pelalawan ini menjadi sekolah tinggi.


''’Tentunya harus diperjuangkan bersama, baik pihak yayasan yang mengelola saat ini maupun pemerintahnya. Hal yang juga perlu diperjuangkan soal akreditasinya,'' ujar Damsar.


Apalagi imbuhnya, tidak semua daerah yang memiliki Akbid yang berkontribusi nyata dalam pembangunan kesehatan.


Damsar juga mengingatkan agar para wisudawati mampu mengkombinasikan skill dan akhlak yang mulia dalam melayani masyarakat sehari-hari.


''Jujur, disiplin, ramah tamah harus dimiliki dan menjadi bagian hidup seorang bidan, kalau tidak tentu akan berhasil serta harus mampu kombinasikan dengan skil dan akhlak untuk keberhasilan dunia dan akhirat,'' paparnya.


Sementara itu, Hj Kasmiwati,SH selaku Ketua Yayasan Payung Pelalawan yang menaungi Akbid Payung Pelalawan menyampaikan rasa bangganya karena telah mampu berkontribusi nyata untuk pembangunan Kabupaten Pelalawan khususya dibidang kesehatan dengan menelorkan bidan madya sebanyak 43 alumni sejak angkatan I dan II.


Selain dihadiri Asisten III Drs H Edi Suriandi, wisuda Akbid Payung Pelalawan juga dihadiri Direktur Akbid Pelalawan Syukirman DS, S.Kap, MARS, Direktur AKNP Pelalawan Syafi'i, M.Pd, Direktur RSUD Selasih Desi, dan ratusan undangan dan orang tua mahasiswa. (kst)