MEULABOH - Meski warga di pesisir Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat tak merasakan goncangan gempa yang berkekuata 7.8 RS , di Mentawai, Sumatera Barat, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar kabar dari pemberitaan televisi nasional air laut surut hingga 5 meter.

''Warga panik setelah mendengar pemberitaan dari televisi nasional yang menginformasikan air laut surut 5 meter, sehingga warga langsung keluar rumah mencari ke tempat yang lebih aman dari laut" kata , Mustarudin, ketua Rapi Aceh Barat kepada wartawan, Rabu (02/03/2016)

Menurut Mustarudin, kondisi warga di Aceh Barat pasca gempa awalnya tak terjadi kepanikan karena warga tidak merasakan langsung  goncangan gempa yang terjadi di Mentawai, Sumatera Barat, namun warga mulai panik dan meninggalkan rumah setelah mendengarkan informasi yang dilaporkan langsung dari dsalah satu televisi nasional swasta.

''Ini informasi beredar membuat masyarakat trauma, padahal air laut tidak surut 5 meter, air laut normal seperti biasa hanya pasang surut,'' katanya. ***