PEKANBARU GORIAU.COM - Ombudsman Riau sudah mengundang pihak-pihak terkait berkenaan dengan laporan 27 peserta tes seleksi CPNS Pemprov Riau yang berasal dari alumni Politeknik Kesehatan (Poltekes) Riau. Sudah datang memenuhi undangan Obudsman tersebut Kabid BKD Riau dan Pembantu Direktur (Pudir) I Poltekes Riau.

Menurut Kepala Ombudsman RI Riau, Ahmad Fitri, Kamis (30/10/2014), belum lama ini pihaknya mengundang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau dan Direktur Poltekes Riau. "Yang datang memenuhi undangan adalah Kabid BKD Riau dan Pembantu Direktur (Pudir) I Poltekes Riau.Berdasarkan keterangan yang disampaikan Pudir I, Poltekes Riau, politeknik mereka memang belum memiliki akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang merupakan lembaga akreditasi bentukan Kemendikbud RI. Tapi Poltekes Riau sudah memiliki akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI," terangnya.

Dan saat ini, lanjut Ahmad, Poltekes Riau sedang dalam proses alih bina dari Kementerian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dan menurut Keputusan Mendikbud tentang Alih Bina pada Oktober 2012 dinyatakan, Program Studi di Poltekes akan diakreditasi oleh BAN-PT setelah masa berlaku akreditasi sebelumnya berakhir. Sebelumnya, program studi di Poltekes Riau diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2011 dan berlaku selama 5 tahun. "Artinya, hingga tahun 2016 nanti, akreditasi program studi di Poltekes Riau masih menggunakan akreditasi Kementerian Kesehatan," jelas Ahmad.

Sementara itu, sambungnya, pihak BKD Riau tetap mengacu pada ketetapan yang disyaratkan dalam seleksi CPNS, yaitu peserta harus menyertakan akreditasi dari BAN-PT. Dan akhirnya mereka menyimpulkan bahwa peserta seleksi dari alumni Poltekes Riau dinyatakan tidak bisa mengikuti seleksi CPNS Pemprov Riau 2014.(wdu)