PEKANBARU, GORIAU.COM - Satelit Aqua memantau ada 3 titik hotspot di wilayah Riau. Ketiganya berada di Kabupaten Inderagiri Hulu (Inhu). Lokasinya berada di Kecamatan Gaung sebanyak dua titik dan Kecamatan Peranap sebanyak 1 titik. Tingkat confidencenya antara 76 hingga 100 persen.

Demikian hasil pantauan yang dilakukan NASA pada Hari Kamis (18/09/2014), sekitar Pukul 01.55 WIB. NASA merilis pantauan tersebut melalui situs miliknya.

Brightness atau suhu kecerahaan dari tiga hotspot tersebut saat terpantau satelit menunjukkan angka 282,7 K dan 283,7 K di Kecamatan Gaung serta 287,6 K di Kecamatan Peranap. Berdasarkan nilai ambang batas untuk brightness yang diadopsi oleh ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) adalah antara 316-320 K. Menurut Melki Roemania, staf analis Portal Hutan Riau, bila satelit Aqua memantau di atas nilai ambang batas tersebut, maka diperkirakan tingkat akurasinya lebih tinggi.

"Ambang temperatur yang berbeda akan menghasilkan jumlah hotspot yang berbeda. Semakin rendah ambang batas, semakin banyak jumlah titik panas terdeteksi," tandas Melki. (wdu)