PEKANBARU, GORIAU.COM - Selain berpendapat tidak mempermasalahkan diperbolehkannya warga sipil menumpang di Pesawat Hercules atau pesawat-pesawat milik TNI, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo juga menganggap wajar pesawat itu dikomersilkan.

Bahkan dirinya juga pernah menumpang di Hercules ketika dirinya masih menjadi pengurus di KNPI. "Waktu jadi pengurus KNPI, saya bayar Rp10 ribu, dapat Aqua (mineral, red). Itu dari Halim ke Papua," kata Tjahjo, Jumat (3/7/2015) di Pekanbaru, Riau.

Dirinya menilai, bahwa TNI melakukan bakti sosial untuk masyarakat. "Ngga ada masalah, selagi ada sit (duduk, red) sisa. Bisa dipakai oleh keluarga atau masyarakat," kata Tjahjo.

Saat ini, katanya, yang harus ditajamkan bukan masalah komersilnya tersebut, tetapi penyebab terjadinya musibah ini. "Apakah karena pesawat yang sudah tua, atau bangunan di sekitar atau apa," ujarnya.

Tjahjo datang ke Riau ingin melakukan pertemuan dan memberikan arahan kepada Plt Gubernur Riau serta seluruh bupati/walikota se-Riau Jumat (3/7/2015) siang ini di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Riau.***