PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau menggelar Lancang Kuning Fashion Festival 9-13 Juni 2015. Kegiatan bertema kreatifitas mode songket dan batik tenun khas daerah Riau ini, menghadirkan perancang busana nasional Sapto Djojokartiko dan Rudi Chandra.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Tengku Zul Efendi didampingi Kepala Seksi Media, Desain dan Iptek, Hj Irbanita mengatakan, kegiatan perdana yang digelar di Mal SKA dan SKA Co Ex ini diisi berbagai program antara lain lomba desain batik dan songket, top show dan juga tutorial make up.

"Festival Riau Fashion ini adalah kreasi mode dari songket dan batik. Dengan kegiatan ini kita merubah pandangan selama ini pakaian Riau seperti Tenun Siak yang hanya dikenal sebagai bahan pakaian formalitas, tapi berkembang menjadi model masa kini dan masa depan, dengan tetap menyesuaikan budaya Riau," kata Zul Efendi.

Harapannya, kegiatan Lancang Kuning Fashion Festival ini nanti, memacu kreatifitas perancang busana dari Riau yang mampu bersaing di tingkat nasional. Sehingga Riau yang kaya sumberdaya alam juga dikenal dengan budaya tenun dan batik.

"Rencananya nanti, acara tersebut akan dihadiri oleh perancang mode Sapto Djojokartiko dan Rudi Candra. Mereka berdua selain memberikan tutorial, juga menjadi juri pada acara itu," sebutnya.

Acara Lancang Kuning Fashion Festival ini akan dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Fahmizal Usman serta ditutup oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sebagai acara puncak. (rul)