BENGKALIS, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis saat ini masih melakukan verifikasi terhadap 535 berkas bakal calon anggota legislatif yang didaftarkan oleh partai politiknya. Pada 9 Mei nanti hasil verifikasi akan diserahkan kembali kepada masing-masing parpol.


''Kalau masih ada yang kurang persyaratannya, seperti rekom dari Ketua DPRD bagi anggota dewan yang nyaleg dari parpol berbeda atau kepala daerah bagi kades, mereka masih punya waktu melengkapinya sampai tanggal 22 Mei mendatang,” ujar Ketua KPU Bengkalis, Iskandar ketika dihubungi, Jumat (26/4/2013).


Dipaparkan Iskandar, ketentuan kepala desa menjadi caleg sama dengan ketentuan bagi kepala daerah, anggota DPRD yang juga nyaleg tapi dari partai lain. ''Kepala desa bersangkutan harus melampirkan surat pengunduran diri. Kalau proses terbitnya surat tersebut lama, bacaleg bersangkutan cukup melampirkan rekomendasi dari Bupati terkait permohonan pengunduran diri. Karena mungkin proses terbitnya surat pemberhetian dari kepala daerah itu agak memakan waktu,'' terang Iskandar.


Informasi yang berhasil dirangkum, dari total 535 bacaleg yang didaftarkan parpol ke KPU, setidaknya ada dua kepala desa yang mengajukan diri menjadi caleg. Pertama Kades Wonosari, Ruslan yang maju dari Partai Golkar. Kedua, Kades Bantan Air Tarmizi yang maju dari Partai Gerindra. (jfk)