PEKANBARU GORIAU.COM - Tingkan ekonomi konsumen di Provinsi Riau pada Triwulan III Tahun 2014 lebih baik dari pada Triwulan II di tahun yang sama. Hal ini terlihat dari angka Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Riau saat ini sebesar 114,69.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisa Statistik Badan Pusat Statisti (BPS) Provinsi Riau, Joni Kasmuri, SST, SE, kemarin. "Tingkat optimisme konsumen atas kondisi ekonomi pada triwulan ini didukung oleh semua variabel pembentuk. Variabel pembentuknya adalah pendapatan rumah tangga yang kini sebesar 113,47, pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumen 113,16 serta tingkat konsumsi makanan danbukan makanan sebesar 119,55," terang Joni.

Dijelaskannya, ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS setiap triwulan melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.

"Nilai ITK Provinsi Riau pada Triwulan IV-2014 diperkirakan sebesar 105,61. Artinya, kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan membaik pada triwulan berikutnya. Tingkat ekonomi konsumen diperkirakan meningkat, namun tingkat optimisme sedikit menurun dibanding triwulan sekarang," pungkas Joni. (wdu)