PEKANBARU - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau memberikan anugerah guru terbaik dan beprestasi tahun 2016. Pemilihan guru berprestasi ini setelah melalui seleksi oleh 24 tim seleksi berkompeten.

Kegiatan Pemilihan Pendidik dan Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Provinsi Riau tahun 2016 ini berlangsung di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Kamis (23/6/2016).

Ketua Panitia Seleksi yanh juga Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Riau, Abdul Kadir mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan anugerah ini untuk mensukseskan tugas utama pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi yang memiliki kompetensi.

"Ini perlu untuk membangkitkan motivasi berprestasi dan berdedikasi bagi guru, mendorong daya kompetisi yang sehat untuk meningkatkan dedikasi kerja profesionalisme," ujarnya.

Kemudian membangun komitmen mutu guru, serta mendorong inovasi dan kreatifitas pendidik dan tenaga kependidikan untuk menciptakan suasana sekolah yang kondusif. Baik bagi para pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan lainya.

Dari 12 kabupaten/kota yang ikut seleksi, hanya dua daerah tak mengirimkan utusan yakni Inhil dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurut Abdul Kadir, pemenang pada ajang ini akan menjadi perwakilan Riau pada pemilihan serupa di tingkat nasional pada Agustus 2016 mendatang.

Berikut para pemenang sebagai guru berprestasi Provinsi Riau tahun 2016 diantaranya untuk kelompok Guru TK dan SLB yakni Pariaman Siahaan (Pelalawan), Dwiyatul Jamanga (Inhu), Eka Sofini Yati (Pekanbaru).

Selanjutnya untuk Kepala Taman Kanak-kanak Berprestasi yakni Nartianis, Mpd (Pekanbaru), Dahlia, Spd (Pelalawan), Henny Jacobs, Spd, Mpd, (Inhu).

Sedangkan untuk guru tingkat SD/MI antara lain Suharto (Pelalawan), Linda Espiana (Rohul), Hartati Spd (Pekanbaru).

Untuk Kepala SD/MI Berprestasi yakni Desnita Ayu (Pelalawan), H. Abdulatif, M.Mpd (Rohul), Hj. Nurbaiti Yusuf, S.pd, M.Pdi (Pekanbaru). Pengawas SD/MI Berprestasi, Maswar Idris, Spd (Pekanbaru), Mas'ud, Spd (Kampar) dan Yusrizal, S.Pd (Rohul).

Guru SDLB/SMPLB Berprestasi yakni Eva Susanti (Pekanbaru) dan Darwis (Kampar). Untuk Kepala SMP/SMPLB Berprestasi Wartini, Spd (Siak) dan Vanus Spd (Rohul).

Untuk Guru SMP/MTs Berprestasi yakni Nazar, Mpd (Kampar), Deswati, Spd (Pekanbaru) dan Nirma, Mpd (Rohul). Kepala SMP/MTs Berprestasi Hj. Armiati, Spd (Pekanbaru), Yulia (Rohul), Desnawita, Spd (Kampar). Pengawas SMP/MTs Berprestasi yakni Hj. Desmita, Spd (Rohul) dan H. Herman Spd (Kuansing).

Untuk tingkat Guru SMK Berprestasi yakni Kamal Majli, Spd (Pelalawan), M. Darto Purnomo (Kuansing) dan Dessy, Spd (Pekanbaru). Kepala SMK Terbaik, Dra. Hj. Geni Wilyati (Pekanbaru), Nuasiah, Mpd (Pelalawan) dan Azri Melda, Mpd (Rohul). Pengawas SMK Berprestasi yakni Sukirman, Mpd (Pekanbaru), Drs. Asrilman, MM (Kuansing), Lasmono, Spd, Msi (Pelalawan)

Tingkat Guru SMA Berprestasi yakni Dra. Citra Aries (Pekanbaru), Rusmini (Kampar) dan Rusnani, Mpd (Pelalawan). Untuk Kepala SMA Berprestasi Dra. Wan Rasmita (Pekanbaru), Familus, SPd (Kuansing), Salmiati MPd (Kampar).

Pengawas SMA Terbaik yakni Drs. Mukhtar Is (Pekanbaru) Fadli, SPd (Kuansing) dan Azwir, M.Mpd (Rohul). Untuk Guru SMA LB, Juwadi, S.d (Pekanbaru)

Guru Kelompok Berdedikasi Kepala Sekolah Daerah Khusus yakni Andi Effendi, S.Si (Dumai) dan Suryono, Spd (Bengkalis) serta Kelompok Guru Pengembara Nurhasmawati (Pelalawan).***