PEKANBARU, GORIAU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau H Zaini Ismail, Kamis (20/8/2015) melakukan pengecekan realisasi serapan anggaran tahun 2015, dengan berdiskusi dan sharing dengan Biro Pembangunan selaku SKPD yang memantau perkembangan realisasi fisik anggaran.

Dalam kesempatan itu Zaini juga mencari persoalan dan solusi terhadap kendala-kendala yang diduga menghambat serapan anggaran. ''Kalau malu, iya pastilah. Diberitakan sebagai provinsi yang memiliki serapan anggaran terendah di Indonesia, tetapi kita harus tetap optimis dan kita juga harus mengetahui apa kendala-kendala yang terjadi sehingga lambannya realisasi penyerapan anggaran ini,'' ungkap Zaini.

"Saya akan melakukan peninjauan dan pemantauan langsung terhadap realisasi anggaran tahun 2015, baik hari per hari maupun jam per jam, mana kemungkinan-kemungkinan yang menjadi hambatan kita dudukan bersama SKPD, ini sudah masuk semester II. Kalau kita ibaratkan pesawat, seharusnya kita sudah sedang berada di udara, bukan lepas landas lagi, " kata Zaini berumpama.

Dirinya berjanji akan turun langsung ke SKPD-SKPD yang tercatat masih memiliki realisasi rendah, tidak ada lagi alasan terbatasnya komunikasi dan koordinasi. Semua bisa didiskusikan mengikuti aturan yang ada, jangan jadikan koordinasi dan komunikasi sebagai benda yang mahal di pemerintah provinsi ini,'' lanjut zaini.

Ditambahkan sekdaprov, sesuai data yang dihimpun per hari ini oleh biro pembangunan, realisasi fisik berada di angka 40,34 persen dan realisasi keuangan 25,59 persen dengan realisasi tertinggi pada Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak & KB dan terendah di Badan Pemberdayaan Masyarakat, pemerintahan dan Pembangunan Desa.

Sedangkan di sekretariat daerah sendiri yang terdiri dari 9 biro, realisasi tertinggi berada pada Biro Umum dan terendah pada Biro Kesejahteraan  Masyarakat."SKPD yang realisasinya tinggi akan kita beri penghargaan, dan yang yang masih rendah akan terus kita berikan motivasi dan pembinaan, " tambah Zaini.

Sekdaprov juga berharap masing-masing SKPD diharapkan lebih pro aktif untuk menggenjot realisasi anggaran, melaporkan dan menginput data realisasi penyerapan anggaran yang ada pada Biro Pembangunan demi mendorong tercapainya target pembangunan yang diharapkan masyarakat.

Pantauan dilapangan, Sekdaprov berkeliling ke SKPD di lingkungan Kantor Gubernur dan rencananya dilanjutkan ke dinas kesehatan, dinas pendidikan, dinas Cipta Karya dan BinaMarga  didampingi oleh asisten II Setdaprov Riau H. Masperi dan beberapa kepala SKPD. (rls)