PEKANBARU, GORIAU.COM - Peristiwa kebakaran nyaris menghanguskan Toko 'Global Bangunan' yang berlokasi di Jalan Subrantas, RT 09/RW 03, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Jumat (21/2/2014). Diduga pemicunya konsleting listrik di plang nama toko.

"Menurut laporan tim kepolisian di lapangan, kejadian kebakaran malam ini sekitar pukul 18.45 WIB," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru, Kompol Arief Fajar Satria kepada pers di Pekanbaru.

Saat kejadian, kata dia, kondisi di lapangan cukup menyulitkan pihak petugas pemadam kebakaran untuk upaya pemadaman mengingat lokasi berada di tengah kepadatan kota.

Namun kemudian, kata dia, anggota membantu upaya dengan mengatur laju arus lalu lintas di lokasi kejadian. "Api baru dapat dipadamkan sekitar beberapa menit kemudian atau sekitar pukul 18.50 WIB. Belum sempat menghanguskan seluruh bangunan itu dan hanya plang nama toko saja," kata dia.

Informasi kepolisian menyebutkan, ada tuju unit mobil dari dinas pemadam kebakaran yang diturunkan.

Ketika itu, kata dia, petugas kemudian memintai keterangan sejumlah saksi dari pihak pemilik bangunan dan masyarakat yang ada di sekitar Jalan Subrantas, RT 09/RW 03. "Kerugian tidak begitu besar yakni Rp3 juta, namun situasinya sempat menghebohkan," kata dia.

Petugas Polsek Tampan kemudian melakukan penelusuran penyebab, kata dia, tepatnya peristiwa itu dipicu terbakarnya plang nama toko "Global Bangunan".

Saat ini, kata dia, saksi atas nama Yani (25) dan Budi (35) karyawan toko tersebut telah dimintai keterangannya. "Malam ini situasinya sudah aman terkendali," kata dia. (fzr/ant)