Gardens By The Bay menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib disinggahi saat berkunjung ke Singapura. Taman raksasa yang diresmikan 2012 lalu ini, sangat spektakuler dan modern dengan ragam jenis tanaman dari seluruh penjuru dunia. Pemandangan luar biasa Teluk Marina menambah daya tarik tempat ini.

Saat menginjakkan kaki di area Marina Bay, pengunjung disuguhan pemandangan menarik berupa pohon-pohon baja dengan vertikal garden berwarna ungu dan dome atau bangunan kaca berbentuk kerang raksasa.

Mengitari taman seluas lebih kurang 54 Ha ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan khusus yang bisa disewa berikut dengan tour guidenya. Satu kendaraan bisa memuat sekitar 9 -12 orang. Dan penjelajahan akan dimulai dari mengelilingi taman hijau yang ditata apik dengan tema-tema khusus, seperti Children's Garden, Colonial Garden, China Garden dan lain sebagainya.

"Tanaman dan desain taman disesuaikan dengan tema-tema dari taman-taman tersebut," kata Lie, sang tour guide.

Sepanjang perjalanan pengunjung diberi informasi melalui rekaman suara yang ada di kendaraan tour yang menceritakan semua hal terkait taman yang sedang dilewati. Tak ada konsep yang sama, semua punya ciri dan keunikan tersendiri.

Setelah mengeksplorasi taman dengan berbagai keunikannya, peserta tour ditawarkan untuk naik ke pohon-pohon baja, berjalan di OCBC Skywalk dan melihat pemandangan Marina Bay dari ketinggian 50 meter. Di antara pohon-pohon raksasa tersebut terdapat jembatan gantung yang disponsori oleh Bank OCBC. Dengan membayar sekitar 5 dolar Singapura, pengunjung bisa naik lift ke atas pohon dan melihat keseluruhan struktur Gardens By The Bay dari atas. Pertepatan di Bulan Desember, ornamen natal menghiasi setiap sudut Gardens By The Bay.

Setelah melintasi Skywalk, tujuan selanjutnya adalah Flower Dome dan Cloud Forest yang ada di rumah kaca raksasa. Flower Dome ini buka dari Pukul 9.00 pagi hingga 9.00 malam. Di dalam Flower Dome yang disetting berudara sejuk ini, terdapat tanaman dan bunga-bunga dari daerah mediterania dan negara-negara bercurah hujan rendah. Masuk ke areal ini, pengunjung dewasa dikenakan tiket sekitar 28 dolar Singapura. Harga ini sudah termasuk tiket masuk ke area Cloud Forest. Ornamen-ornamen natal masih tampak menghiasi Flower Dome. Nuansa keceriaan Natal di Bulan Desember terlihat dari ornamen dan warna-warna kontras yang dipilih.

Kesejukan daerah pengunungan semakin terasa saat kita berada di area Cloud Forest. Pengunjung dapat menikmati air terjuan buatan yang indah setinggi 35 meter. Percikan air dan efek kabut yang diciptakan, membuat suasana persis seperti di daerah pegunungan. Tanaman-tanaman yang berbeda jenis juga dapat dinikmati di sini. Umumnya adalah tanaman dari dataran tinggi.

Keluar dari Cloud Forest, pengunjung akan melewati jembatan dengan pemandangan taman yang terkonsep apik. Dan sebelum meninggalkan bangunan raksasa itu, pengunjung di yang ingin memperoleh pernak-pernik Gardens By The Bay, di pintu keluar Flower Dome tersedia toko souvenir yang lengkap. Dengan konsep swalayan, pengunjung bebas memilih souvenir yang diinginkan, seperti aksesori, baju, tas dan lain sebagainya.(wdu)