KEMAJUAN teknologi komputer, gadget dan internet telah melahirkan zaman baru bagi dunia jurnalistik, tak terkecuali di Riau. Zaman telah berubah, perilaku masyarakat pun mulai mengalami pergeseran, begitu juga cara mendapatkan informasi berupa berita.

Jika dulu, masyarakat lebih familiar dengan media cetak, namun kini sudah ada media online yang mampu menyajikan berita lebih cepat, dalam waktu yang sangat singkat, bahkan peristiwa detik ini juga akan disajikan tak lebih beberapa detik setelah kejadian.

Perkembangan itu pula yang diantisipasi GoRiau.com, media massa online nasional dari Riau yang mampu menyajikan berita secara cepat dan tepat serta menyebarkannya ke seluruh wilayah Riau dalam waktu yang sangat singkat, sehingga peristiwa di ibukota Provinsi Riau maupun kabupaten akan bisa baca pada saat kejadian sedang berlangsung oleh seluruh masyarakat Riau, termasuk yang berada di pulau-pulau terluar.

Meski baru dua tahun kehadirannya -- lahir 8 September 2012 atau sehari sebelum pembukaan PON Riau 2012 -- media ini merupakan perusahaan pers berbasis internet pertama dari Riau yang masuk sebagai anggota serikat penerbitan pers berdasarkan hasil verifikasi Serikat Penerbitan Pers (SPS), dengan nomor anggota 001/006/E/2014. Jadi kini GoRiau.com tidak hanya sekedar sebuah web, tapi sebuah media massa yang dinaungi Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Disisi lain, portal berita ini bukan saja mampu menorehkan prestasi sebagai portal berita terbesar di Riau, tetapi juga pernah berada pada peringkat tertinggi di Sumatera pada bulan Maret dan April 2014 dengan menempati rating 401 di Indonesia oleh mesin pemeringkat dunia, Alexa.com. Sebuah prestasi yang sebelumnya tidak pernah mampir di Riau.

Namun prestasi di mesin pemeringkat bukanlah tujuan utama, karena sebenarnya kehadirannya lebih untuk mewarnai pers Riau sekaligus sebagai gudang informasi Riau yang mampu menjangkau seluruh pelosok Riau secara cepat. Bukan saja mempromosikan Riau keluar, tetapi juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Riau -- khususnya di daerah-daerah yang sulit dijangkau -- untuk mendapatkan informasi dan perkembangan daerahnya maupun provinsi lain yang juga bermanfaat bagi orang Riau.

Kemampuan media online ini menyebarkan informasi secara merata dan cepat ke daerah-daerah juga terlihat dari berita-berita interaktif yang dikirimkan warga dari daerah-daerah terpencil maupun pulau-pulau seperti Rupat, Guntung, Pulau Rangsang dan lain-lain. Selain menyajikan berita cepat dan interaktif, GoRiau.com juga menerima sms warga dari seluruh warga Riau yang semuanya dihimpun dan dimuat ulang sesuai dengan durasinya.

Selain mendukung program pemerataan informasi, kehadiran media berbasis internet ini juga bertujuan agar mudah diakses siapa saja secara gratis dan murah, bahkan pembaca tak perlu membuka langsung GoRiau.com, tapi juga bisa mengikutinya melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter dan google+, bahkan GoRiau.com juga sangat mudah diikuti melalui mesin pencari terbesar dunia, Google. Dengan pengikut lebih kurang 80.000 melalui facebook dan 41.000 lewat twitter, media online ini boleh dikata yang terpopuler saat ini hampir di seluruh daerah Riau.

Namun prestasi demi prestasi yang sudah diraih portal berita terbesar di Provinsi Riau ini, tidak bisa diraih tanpa dukungan masyarakat. Kepercayaan yang besar yang diberikan masyarakat merupakan nafas yang membuat seluruh tim GoRiau.com untuk terus berkarya melahirkan karya-karya jurnalistik terbaik. Karena itu, kedepan, portal berita yang diterbitkan PT Gema Informasi Riau Digital ini akan terus mengembangkan kemampuan wartawannya sehingga sesuai dengan tuntutan UUD Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Selain itu, GoRiau,com juga akan berusaha menjadi bagian dari masyarakat Riau untuk bersama-sama membangun daerah ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi, sosial, politik, budaya dan pariwisata yang akhirnya akan mewarnai negara kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, kedepan, upaya-upaya untuk menghimpun kekuatan dan potensi rakyat Riau akan terus digali sehingga Riau kelak semakin diperhitungkan secara nasional.

Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Riau yang telah memberi kepercayaan kepada GoRiau.com untuk terus maju dan berkembang, sehingga pencapaian demi pencapaian bisa diraih, dengan harapan, Riau semakin diperhitungkan dalam komunitas jurnalistik online secara nasional. ***