PASIR PENYU, GORIAU.COM - Ada-ada saja, tapi begitulah kenyataannya. Ternyata untuk beli bibit durian bisa menghabiskan anggaran Rp5 miliar. Hal ini terungkap saat anggota DPRD Indragiri Hulu, Arifuddin Ahalik melakukan kunjungan sekaligus menghadiri Musrenbang Kecamatan Pasir Penyu, Selasa (26/2/2013) malam.

''Kalau ditanya keinginan masyarakat Kecamatan Pasir Penyu, tentu ingin menjadi kabupaten sendiri dan tolong dari Dinas Pertanian dan Perternakkan untuk merevisi ajuan karena disini ada kejanggalan, masak ada bibit durian sampai lima meliar lebih, kalau untuk kegiatan olahraga, masyarakat Pasir Penyu sangat antusias bisa dibilang 1000 persen masyarakat Pasir Penyu mendukungnya,'' ujar Arifuddin diacara Musrenbang Kecamatan Pasir Penyu.

Pada kesempatan itu, Arifuddin juga mengatakan perusahan yang ada di kabupaten Inhu untuk benar-benar konsekuen dalam program CSR karena kebanyakan perusahan tidak sesuai dalam menjalankan program CSR

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang ini dilaksanakan di aula SMKN 1 Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (26/2/2013) kemaren.

Camat Pasir Penyu M. Solkan mengatakan bahwa Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan tahap awal sebagai usulan pembangunan pada tahun 2014 mendatang. Pelaksanaan dan tanggung jawab musrenbang di tingkat kecamatan merupakan kewenangan pemerintahan kecamatan, sehingga dalam pelaksanaanya pihak kecamatan akan bersama-sama membahas rencana pembangunan dengan pemerintahan desa dan kelurahan.

Usulan pun harus betul-betul klop dan apabila bupati datang ke desa atau kelurahan tidak ada lagi mengusulkan pembangunan diluar hasil musrenbang. Musrenbang di Kecamatan Pasir Penyu dihadiri seluruh perangkat kelurahan, desa, anggota DPRD Inhu Dapil IV Arifuddin Ahlik, Afizon Rahmadahan SH, Adila Ansori, Miswanto SE, Kapolsek Pasir Penyu, Danramil dan instasi terkait lainnya. Dalam Musrenbang Kecamatan Pasir Penyu masih memprioritaskan pembangunan di bidang infrastruktur jalan, pendidikkan, kesehatan dan olahraga.e Empat bidang tersebut masih menjadi usulan prioritas dari sejumlah peserta Musrenbang di Kecamatan Pasir Penyu ''Semoga yang diusulkan melalui Musrenbang ini dapat terakomodir dan masuk pada program yang diusulkan masing-masing instansi terkait,'' singkatnya. (aun)