PEKANBARU, GORIAU.COM - Dari sembilan daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015, sesuai penetapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Golkar sebagai pemenang Pemilu 2014, hanya mampu mengusung 3 pasangan calon (Paslon) kepala daerah, sementara PPP dengan dua Paslon.

Sebagaimana dirilis oleh KPU Riau, ada 25 Paslon yang ditetapkan untuk merebut kursi kepemimpinan di sembilan daerah yakni Kabupaten Meranti, Bengkalis, Rokan Hulu, Siak, Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kuantan Singingi dan Pelalawan.

Sebagaimana diketahui, kedua partai politik sesepuh ini, saat ini tengah mengalami kisruh internal di tingkat nasional. Kondisi ini berimbas ke daerah, dengan adanya dualisme pengurus, KPU menolak pendaftaran melalui partai tersebut.

Dari 25 Paslon yang sudah ditetapkan, Partai Golkar tercatat hanya mengusung DR. H. Muhammad Ikhsan.ST.M.SC-Hj.Yanti Komala SE, MM (Paslon Walikota/Wakil Walikota Dumai). Kemudian pasangan Wan Syamsir Yus-Helmi (Calon Bupati/Wakil Bupati Rokan Hilir dan pasangan H. Suparman, S.Sos, M.Si-H. Sukiman (Bupati/Wakil Bupati Rokan Hulu).

Padahal pada Pemilukada serentak ini, beberapa pentolan kader Golkar tercatat maju seperti HM. Haris, Yopi Arianto, Syamsuar, Indra Putra dan Muslim.

Begitu pula untuk PPP, partai berlambang ka'bah ini hanya mengusung dua pasangan calon kepala daerah masing-masing Drs. Irwan, M.Si-Drs. Said Hasyim (Calon Bupati/Wakil Bupati Kepulauan Meranti) dan pasangan Drs. H. Mursini, MSi-H. Halim (Calon Bupati/Wakil Bupati Kuantan Singingi). (rul)