BENGKALIS, GORIAU.COM - Menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang tidak berapa lama lagi, Kapolres Bengkalis AKBP Andry Wibowo mengajak ketua partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk menciptakan Pilpres yang aman, kondusif dan legitimate.

Hal itu disampaikan Kapolres ketika menggelar coffe morning dengan pimpinan Parpol di salah satu kedai kopi jalan Hang Tuah, Bengkalis, Kamis (12/6). Coffe morning yang dikemas serius santai itu, Kapolres mengajak kepada seluruh parpol koalisi dari dua kubu calon presiden untuk bisa bekerjasama menciptakan situasi aman, kondusif dan legitimate.

 

"Saya sangat berharap kerjasama dari para ketua parpol dalam menghadapi pilpres mendatang, agar bisa bersama-sama menciptakan kondisi yang aman, kondusif dan legitimate. Saya kira dengan bantuan dari rekan-rekan parpol dari dua koalisi, wilayah hukum Bengkalis akan tercipta pilpres yang legitimate," ujar Kapolres.

 

Kapolres juga menitipkan kepada ketua parpol untuk mengawasi anggota Polri agar tidak berpihak kepada salah satu kandidat presiden. Karena menurut Kapolres, jajaran Polri telah diperintahkan untuk bersikap netral dan menjaga kelancaran Pilpres, termasuk di Bengkalis.

 

"Dalam kesempatan ini saya juga titip anggota saya dan tolong sama-sama kita awasi dan laporkan apabila ada anggota kita yang terlibat dan berpihak kepada salah satu kandidat presiden dan wapres. Hal ini sangat bertentangan dengan arahan komando dari atas agar kita bersikap netral dan wajib mengamankan untuk kepentingan negara, juga menciptakan masyarakat nyaman dalam menentukan pilihannya," ujarnya.

 

Kapolres juga berpesan kepada parpol yang terbagi menjadi dua koalisi untuk menyatukan persepsi terciptanya pilpres yang damai. Siapa saja boleh berbeda dalam pilihan, tetapi harus bersatu dalam kebangsaan.

 

"Jadi saya pesan kepada kedua koalisi parpol untuk bersama-sama menyukseskan pilpres dengan damai," ujarnya.

 

Salah seorang pimpinan parpol dari DPD PAN Bengkalis, Syahrizal menyampaikan apresiasi dan tahniah kepada Kapolres Bengkalis atas prestasi sebagai Polres Terbaik dalam pengamanan Pilleg 2014 lalu. Ia juga mengungkapkan langkah yang diambil Kapolres dengan mengumpulkan ketua parpol dalam suasana santai tapi serius ini sudah sangat tepat.

 

"Selamat atas terpilihnya sebagai Polres Terbaik dan saya apresiasi langkah Pak Kapolres dengan mengumpulkan para parpol dari dua koalisi pilpres sekarang ini, karena dengan langkah seperti ini kami unsur partai yang ada, merasa diberikan perlindungan untuk bersama-sama menciptakan pilpres yang damai," ungkap Syahrizal yang juga Wakil Ketua Bidang POK DPD PAN Bengkalis.

 

Pria yang akrab disapa Ujang ini mengharapkan netralitas dari TNI/Polri dalam pelaksanaan pilpres mendatang. Senada diutarakan Ketua DPC Gerindra Bengkalis, Indrawan Sukmana, dikatakannya status quo TNI/Polri untuk saat ini sudah ditiadakan, jadi kita berharap mereka netral tanpa memihak salah satu kandidat.

 

"Kita berharap TNI/Polri bersikap netral, tanpa memihak salah satu calon presiden, intinya mari kita sama-sama ciptakan pilpres dengan situasi kondusif dan aman sehingga masyarakat dalam memilih besok bisa merasakan kenyamanan tanpa ada paksaan dalam memilih," ujar Indra. (jfk)