BENGKALIS, GORIAU.COM - Hasil pembangunan sumber daya manusia (SDM) tidak dapat dilihat dalam waktu singkat. Misalnya dalam waktu 5 atau 10 tahun. Tetapi paling tidak dalam kurun waktu 30 sampai 50 tahun ke depan setelah upaya itu dilakukan.

Menurut Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, salah satu faktor yang perlu dipersiapkan guna mendukung keberhasilan pembangunan SDM adalah kemampuan untuk mencerdaskan generasi muda secara fisik.

 

Maksudnya, kata Bupati, mereka harus terlahir dalam keadaan sehat. Terlahir dalam kondisi dengan tidak memiliki ada hal-hal yang cacat. Kemudian, dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkatan usianya dengan baik.

 

Oleh sebab itu, sambungnya, dalam lima tahun terkahir pembangunan kesehatan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

 

''Karena kesehatan merupakan sarana mutlak untuk meningkatkan produktivitas. Merupakan pra syarat utama dalam pembentukan SDM berkualitas,'' jelasnya.

 

Hal itu dikemukakan Bupati ketika memberikan sambutan saat menghadiri peresmian pemakaian gedung baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Sabtu (31/1/2015).

 

Adapun beberapa bentuk program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis di bidang kesehatan ini, diantaranya pemberian bantuan hibah satu unit ambulans untuk setiap desa.

 

Kemudian, pemberian jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) untuk seluruh masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Melalui Jamkesda ini, masyarakat mendapat layanan berobat gratis.

 

''Bukan hanya di sarana pelayanan kesehatan yang ada di daerah ini. Tetapi juga di daerah lain. Seperti di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Siak dan Kota Dumai,'' jelas Herliyan, dalam berbagai kesempatan.

 

Disamping memberikan sambutan, saat peresmian madrasah yang berada di Jalan Lingkar Desa Dombas tersebut, Bupati juga menyerahkan bantuan komputer untuk MAN Sungai Pakning. Bantuan  ini langsung diterima Kepala MAN Sungai Pakning, Mashuri.

 

Kemudian, Bupati juga memberikan bantuan 100 paket peralatan belajar. Secara simbolis, bantuan alat-alat sekolah ini diterima dua orang siswa MAN Sungai Pakning.

 

Sedangkan peresmian sekolah yang dibangun di areal lahan seluas 2 hektar itu dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau, H Tarmizi Tohor, yang ditandai dengan penandatangan prasasti.

 

Selain Bupati, ikut menyaksikan penandatanganan prasasti itu, diantaranya Sekretaris Daerah Bengkalis H Burhanuddin, Kepala Dinas Pendidikan H Herman Sani, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis H Jumari, Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi, dan Mashuri. (jfk)