BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebuah bom mortir berdaya ledak tinggi ditemukan, Ramli (28), saat menangkap ikan di perairan Selat Bengkalis, tepatnya di perairan depan Bukit Batu. Bom tersebut terjaring alat tangkap ikan milik nelayan warga Dusun Simpang Merpati, Desa Meskom itu.


Bom mortir tersebut dibawa ke pelabuhan rakyat Desa Meskom dan diangkat ke darat oleh masyarakat dibantu anggota Babinsa Desa Meskom Sersan Dua Subaryanto dan personil Linmas Desa Meskom. Menurut Kepala Desa Meskom, Supendi, benda yang didudaga boom mortir tersebut ditemukan seorang nelayan bernama Ramli yang tersangkut di jaring ikan, Senin (13/5) sekitar pukul 19.00 WIB.


''Setelah melapor ke saya, Ramli lansung membawa bom tersebut menuju kesini setelah berkoordinasi dengan Pak Subaryanto, Babinsa desa kita. Sampai disini sekitar jam 9 pagi tadi dan berhasil diangkat ke darat sekitar jam 11.30 berkat kerjasama masyarakat dibantu dua anggota Babinsa,” ungkap Supendi, Selasa (14/5).


Boom mortir tersebut berukuran cukup besar dengan panjang sekitar 1,8 meter dan diameter 40 centimeter. Bodi bom tersebut sudah berkarat tetapi ujung peledak yang terbuat dari bahan plastik masih dalam keadaan bagus. Diperkirakan umur boom tersebut belum cukup tua dan masih aktif.


Sebelum dilakukan proses penelitian, boom tersebut saat ini diamankan personil Intelkam Polres Bengkalis ke tempat yang jauh dari lingkungan masyarakat dan dijaga anggota Polres Bengkalis. (jfk)

Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 081365093962 atau via email: goriau2012@gmail.com (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)