JAKARTA, GORIAU.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya untuk menangani  kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk menangani masalah ini, BNPB menyiapkan dana Rp385 miliar untuk mendukung penanganan Karhutla hingga September 2015.

''BNPB akan menambah anggaran jika diperlukan dan diambil dari dana siap pakai BNPB,"kata Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Bukan hanya itu, BNPB juga menyediakan 10 helikopter water bombing, 8 heli besar berkapasitas 4.500 liter dan 2 heli Bolco berkapasitas 500 liter.

"2 heli sudah kita kirim ke Riau, sudah beroperasi sejak tanggal 12/7/2015 dan telah menyiramkan air 2 juta liter melalui 553 penerbangan," ungkapnya.

Lanjutnya, BNPB juga bekerjasama dengan BNPT menyiapkan 3 pesawat untuk melakukan operasi hujan buatan." Untuk di Riau sudah menaburkan 52 ton garam kedalam awan," ucapnya.

BNPB juga menyiapkan anggaran Rp15 miliar untuk pembangunan sekat kenal. Namun, pada saat ini sekat kanal masih belum dilakukan karena terkendala administrasi di daerah.

"Sebenarnya sekat kanal di Riau sudah bisa dibangun , namun terkendala administrasi di daerah,"pungkasnya. (ari)