YOGYAKARTA, GORIAU.COM - Sebanyak 12 dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau (Faperika UR), Sabtu (8/8) tampil sebagai pembicara dalam Seminar Nasional Perikanan (Semiskan) UGM Yogyakarta. Seminar tahunan Jurusan Perikanan Faperta UGM itu diikuti 200 peserta dari kalangan dosen dan peneliti perikanan SE Indonesia.

Dibuka Rektor UGM, diwakili Dekan Faperta Dr Jamhari, seminar ini bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Perikanan dan Kelautan, Jakarta. Tampil sebagai Keynote speaker Dr Ahmad Purnomo, Kepala Balitbang KKP Pusat. Seminar ini bertujuan untuk saling bertukar informasi ilmiah tentang pembangunan sektor perikanan dan kelautan di Indonesia.

Keduabelas dosen Faperika tersebut adalah Dr Isje Lukistyowati MS,M Dr Ir Netty Aryani MSi, Dr Ir Deni Efizon MSc, Dr Morina Riauwati, Dr Saberina Hasibuan MSi, Ir Eni Yulinda MP, Dr Dessy Yoswaty MSi MSc, Ir Adelina MSi, Ir Rusliadi MSi, Ir Alit Hindriyani MSc, Ir Niken Ayu Pamukas MSi, dan Ir Ridar Hendri MSi.

Diantara makalah yang dipresentasikan dosen UR adalah makalah Dr Netti yang memaparkan tentang Kebiasaan Makan Ikan Geso (Hemibagrus wyckii) dari Perairan Sungai Kampar. Dr Iesje dan Dr Morina menyampaikan makalah tentang Potensi Temulawak (Curcuma xantoruza Robx) untuk Mencegah Aeromonas hydrophila pada Ikan Baung (Mystys nemurus). Selanjutnya Dr Saberina mempresentasikan tentang Karakteristik Tanah Dasar Kolam Pudsolik Merah Kuning Menurut Pengelompokan Umur.

Dr Dessy membahas tentang Analisis Antibakteri Ekstrak Etanol Siput Gonggong (Strombus canarium) terhadap Bakteri Pathogen. Sedangkan Dr Deni menyajikan soal pentingnya melakukan identifikasi jenis dan penentuan lokasi konservasi penyu air tawar di Kuansing Riau.

Ir Eni Yulinda MP dan Hazmi Arief SPi MSi memaparkan Strategi Pengembangan Wisata Alam Hutan Mangrove di Kabupaten Kepulauan Meranti. Ir Ridar dan Ir Kusai menyajikan Analisis Materi Informasi Perikanan dan Kelautan pada Program Siaran Pedesaan RRI Pekanbaru. Berikutnya, Ir Niken menjelaskan tentang Kadar Amoniak pada Kolam Terpal Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)dengan Pemberian Probiotik Cair.

Sebagian makalah tersebut dipresentasikan dalam bentuk poster. Sehari sebelumnya di tempatkan. (rls)