PEKANBARU, GORIAU.COM - Di Provinsi Riau, baru ada satu SMP yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) dengan pola Computer Base Test (CBT) atau sistem online. SMP tersebut adalah SMPN 2 Dumai dengan siswa peserta UN berjumlah 237 orang.

Demikian dikatakan Ketua UN Provinsi Riau Asrizal kepada GoRiau.com, Selasa (5/5/2015). "Ada dua pola ujian yang diterapkan pada UN Tahun 2015, yaitu Paper Base Test (PBT) dan Computer Base Test (CBT). Di Provinsi Riau, SMP yang siap melaksanakan CBT adalah SMPN 2 Dumai," kata Asrizal yang juga kepala BKD Provinsi Riau ini.

Dijelaskan Asrizal, sampai hari kedua UN tingkat SMP sederajat, ujian berjalan lancar. Bagi siswa yang sakit dan tidak bisa mengikuti UN bisa mengikuti UN susulan pada Tanggal 11 Mei hingga 15 Mei mendatang.

Varian soal, lanjut Asrizal ada lima macam dalam satu kelas. Namun tingkat kesulitannya sama. "Perbedaan soal juga terjadi pada sistem CBT dan UN susulan," terang Asrizal.

Jumlah peserta UN SMP sederajat pada Tahun 2015 sebanyak 104.957 siswa. Jumlah tersebut terdiri dari tingkat SMP 76.479 siswa, MTS 24.774 siswa, SMP Luar Biasa 31 siswa, SMP terbuka 238 dan Paket B 3.435 siswa.

"Dalam pelaksanaan UN tahun ini, terdapat kekurangan soal di beberapa daerah seperti Inhil, Kepulauan Meranti, Pekanbaru dan Rohil. Kekurangan ini terjadi karena kesalahan penghitungan dalam sistem packing. Namun kendala tersebut tidak menggangu kelancaran UN," tandas Asrizal.(wdu)