PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah mengeluarkan surat pemberhentian enam anggota DPRD Riau yang mundur karena mengikuti proses Pilkada serentak, namun baru empat nama yang disetujui untuk menempati posisi Pengganti Antar Waktu (PAW). Keempatnya akan segera dilantik, setelah keluarnya SK pengangkatan dari Mendagri.

Wakil Ketua DPRD Riau H. Sunaryo mengatakan, pimpinan dewan telah menerima salinan keputusan dari Mendagri terkait pemberhentian 6 anggota DPRD dan penunjukan empat calon pengganti. "Salinan keputusan dari Kemendagri melalui Gubernur Riau sudah kami terima. Ada empat yang sudah disetujui selain calon dari PDIP. Mereka telah kami sampaikan ke KPU," kata Sunaryo, Rabu (28/10/2015).

Politisi PAN ini menyebutkan, keempat nama ini telah diserahkan kembali ke Gubernur Riau untuk diteruskan ke KPU dan Mendagri untuk mendapatkan Surat Keputusan.

"Proses di KPU sudah selesai dan kami sudah sampaikan agar PAW anggota DPRD Riau nanti bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sekarang kami menunggu surat dari Mendagri tentang pengankatan PAW DPRD tersebut, nanti Mendagri akan menyurati Pemprov, baru Pemprov ke menyampaikan pemberitahuannya," sampainya.

Apabila SK dari Mendagri sudah keluar, Ia mengaku pimpinan dewan akan secepatnya mengagendakan rencana pelantikan anggota dewan yang baru tersebut. "Jadi tinggal menunggu keputusan Mendagri saja yang belum turun," sambungnya Sunaryo.

Sebagaimana diketahui, enam anggota DPRD Riau yang mundur karena ikut bertarung pada Pilkada serentak di beberapa daerah yakni Suparman dan Syafrudin Potti (Rohul), Indra Putra dan Mursini (Kuansing), Zukri (Pelalawan) dan Eko Suharjo (Dumai).

Sesuai aturan KPU, mereka yang mengundurkan diri akan digantikan pemilik suara terbanyak di bawahnya. Berdasarkan rekap perolehan suara akhir Pemilu 2014 oleh KPU Riau, Suparman (25.110) dan Indra Putra (17.448) yang berasal dari Partai Golkar akan digantikan Masgaul Yunus SH MH (8.089) dan Yulisman, SSi (10.708).

Sementara H. Mursini dari PPP daerah pemilihan Kuansing dengan perolehan 14.471 suara akan digantikan posisi oleh Malik Siregar yang hanya punya 1.909 suara. Eko Suharjo dari Partai Demokrat dengan peroleh suara 13.462 akan digantikan rekannya Edi Muhammad Yatim dengan 4.374 suara.

Sedangkan dua anggota Fraksi PDIP Syafarudin Potti (14.952) dan Zukri (31.034) akan digantikan Rusli Ahmad (6.536) dan Tengger Sinaga (10.245).(rul)