PEKANBARU, GORIAU.COM - Hari ini tanggal 9 Agustus 2015, merupakan puncak peringatan Hari Jadi Provinsi Riau ke 58. Pada hari bersejarah ini, seharusnya disambut suka cita masyarakat Riau. Sayangnya, tak semua pimpinan daerah kabupaten/kota hadir pada sidang paripurna istimewa DPRD Riau hari ini.

Kejadian ini entah erat kaitannya kesibukan pimpinan daerah menyongsong Pilakada Serentak yang saat ini tengah berjalan. Namun dari 12 kabupaten dan kota di Riau, dalam bangku undangan hanya tampak Bupati Indragiri Hilir HM Wardan, sisanya beberapa Pelaksana tugas Bupati yang juga memangku jabatan di satuan kerja Pemrpov Riau.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Riau H. Musyafak Asikin mengaku sangat kecewa. Seharusnya di hari bersejarah, solideritas pimpinan daerah di tunjukkan di sini. Sedangkan mantan Menteri Dalam Negeri yang juga tokoh Riau, Syarwan Hamid, rela hadir dari Jakarta ke sidang istimewa itu.

"Saya heran, mengapa terlalu rendah semangat kebersamaan kita. Walikota Pekanbaru saja sebagai tuan rumah, juga tak hadir. Apa ini cerminan pemimpin kita yang mengayomi masyarakat," kata Musyafak, Minggu (9/8/2015).

Semangat seperti ini, kata anggota Fraksi PAN tersebut, harus menjadi motivasi bagi masyarakat untuk selalu mengenang berdirinya Provinsi Riau. "Kalau kayak begini, berarti nilai kebersamaan kita sangat lemah," lanjutnya.

Musyafak mengaku mengapresiasi untuk tokoh masyarakat Riau dan para bupati serta penjabat bupati yang hadir. "Dengans emangat hari jadi Provinsi Riau ini mari kita sama dukung Pemerintah Provinsi Riau sesuai tema dengan semangat membangun pariwisata berbasis budaya menuju Riau sebagai The Homeland of Melayu," pungkasnya.

Hari jadi Provinsi Riau ke 58 hari ini sebagai momentum perjuangan masyarakat Riau. Kegiatan sidang paripurna istimewa ini sendiri dibuka Ketua DPRD Riau H. Suparman dan dihadiri oleh Sekjend Kemendagri, Plt Gubernur H. Arsyadjuliandi Rachman serta unsur pimpinan daerah.

Plt Gubernur Riau mengajak seluruh masyarakat membangun Riau dengan semangat cinta negeri dan menata masa depan lebih baik. (rul)