PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengaduan masyarakat terkait tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan pencurian dengan kekerasan (Curas), cukup banyak diterima pihak kepolisian di jajaran Polda Riau. Untuk menguranginya, pengamanan swakarsa dari masyarakat sangat dibutuhkan. Karena upaya tersebut tidak bisa terwujud bila hanya petugas keamanan saja yang melakukannya.

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Senin (08/09/2014) di ruang kerjanya. Ia mengajak masyarakat bersama Polri bekerja sama menanggulangi maraknya curanmor dan curas.

"Menciptakan keamanan tidak hanya tugas kepolisian, peran serta masyarkat sangat penting dalam mengantisipasi tindak kejahatan ini. Jumlah personil Polri yang terbatas dan pekerjaan yang begitu banyak, tidak mudah bagi kita untuk menangani tindak kriminal tanpa bantuan masyarakat," kata Kabid Humas Polda Riau.

Masyarakat harus selalu berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan dan menjaga barang-barang berharga. "Kunci kendaraan dengan baik dan ubah rute jalan anda. Dengan rute jalan dan jam yang sama setiap harinya, akan memudahkan orang yang berniat jahat melakukan kejahatan," tandas Guntur. (wdu)