JAKARTA, GORIAU.COM - Forum Mahasiswa Riau (Formari) Se-Jabodetabek melakukan unjuk rasa tanpa asap didepan Istana Negara. Mereka  meminta Presiden Jokowi serius mengatasi asap di Riau.

"Kami minta Presiden Jokowi serius mengatasi asap di Riau. Ini sudah jelas yang melakukan pembakaran hutan di Riau perusahaan-perusahaan nakal," kata koordinator aksi Azrizal, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Tuntutan lainnya, meminta Menteri LHK bertanggungjawab terhadap perusahaan yang melakukan pembakaran hutan di Riau.

"Pembakaran lahan sudah bukan bentuk kejahatan sengaja, tetapi kejahatan sistematis yang mengambil keuntungan di Riau. Kami Menteri LHK harus bertanggungjawab dan mencabut izin perusahaan yang terlibat melakukan pembakaran," katanya.

Selain itu, mereka juga mendesak DPR RI khususnya komisi yang terkait untuk membentuk panitia angket asap guna melakukan penyelidikan atas kebakaran di Riau.

"Kita juga minta DPR RI untuk membentuk panitia angket asap. Ini sudah nyata-nyata sebagian besar pembakaran di Riau merupakan perusahaan," pintanya.

Asap yang menyengsarakan masyarakat Riau hampir 2 belakangan ini, Azrizal menilai pemerintah pusat dan daerah tidak ada keseriusan dalam mengatasinya. "Pemerintah Pusat dan daerah tidak serius mengatasi asap Riau, nyatanya sekarang asap di Riau masih ada," kesalnya. (ari)