TANAH DATAR, GORIAU.COM - Lebih dari 35 rumah penduduk, 4 bangunan sekolah dan tempat ibadah serta rumah sakit dan Puskesmas rusak akibat gempa 5 SR yang terjadi Kamis (11/09/2014), Pukul 00.45 WIB di 14 Km Barat Daya Tanah Datar. Pusat gempa di daratan pada kedalaman 10 Km di bawah Danau Singkarak ini, telah menimbulkan korban luka dan kerugian materil yang cukup banyak.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP, Sutopo Purwo Nugroho, tim reaksi cepat BPBD Kota Padang Panjang telah melakukan pendataan sementara terhadap para korban, mengevakuasi pasien RSUD Padang Panjang sebanyak 64 orang dan Ibnu Sina sebanyak 41 orang, melaksanakan patroli serta pemantauan pasca gempa.

"Penerima dampak yang paling besar adalah masyarakat di Kecamatan X Koto dan Batipuh di Kabupaten Tanah Datar serta Kecamatan Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur di Kota Padang Panjang," kata Sutopo.

Secara keseluruhan, daerah terkena dampak ada 5 kabupaten, yaitu Tanah Datar, Solok, Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang Pariaman. "Kita harus selalu waspada dengan gempa di daratan, karena dampaknya besar," tandas Sutopo. (rls)