BENGKALIS, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengaklis mulai membuka pendaftaran calon anggota legislatif pada Pemilu 2014. Pendaftaran bakal calon legislatif untuk daftar calon sementara akan dimulai 9- 22 April 2013.


''KPU Bengkalis menerima pendaftaran bakal caleg anggota DPRD Bengkalis mulai tanggal 9 hingga 22 April. Semua bakal caleg diharapkan memasukan berkas mereka ke kantor KPU Bengkalis pada jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB,'' ujar Ketua KPU Bengkalis Iskandar.


Dijelaskan, penyerahan berkas pendaftaran dilakukan pada jam kerja KPU, dan lengkap dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan.


Tatacara pendaftaran bakal caleg disesuaikan dengan peraturan KPU nomor 7 tahun 2013 yang mensyaratkan seluruh bakal caleg melengkapi berkas administrasi mereka, mulai dari surat SKCK, keterangan dari rumah sakit jiwa sampai dengan keterangan berbadan sehat serta fotocopy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir.


Iskandar menambahkan pendaftaran bakal caleg dilakukan oleh parpol bersangkutan yang mengusung bakal caleg. Setelah tanggal 22 April, KPU akan melakukan proses penelitian berkas-berkas bakal caleg serta melakukan verifikasi terkait syarat yang dimasukan. Setelah itu KPU akan mengumumkan secara resmi bakal caleg yang lolos verifikasi, sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT). (jfk)