TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Memasuki hari ketiga Pacu Jalur Tradisional yang dilaksanakan oleh Kecamatan Kuantan Hilir hanya menyisakan tujuh Jalur. Ketujuh Jalur tersebut akan memperebutkan posisi satu sampai tujuh.


Adapun Jalur yang dimaksud yakni Siposan Rimbo RAPP yang berasal dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean. Siposan Rimbo berhasil menaklukkan haluan Jalur Ular Putih Linggo Biso yang berasal dari Desa Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Sebrang. Kedua Jalur tersebut berpacu pada hilir pertama aduan kedua.


Pada aduan pertama, Siposan Rimbo RAPP mampu mempermalukan Jalur Linggar Jati JA RAPP dengan mudah. Linggar Jati JA RAPP merupakan juara bertahan pada iven Pacu Jalur Tradisional tingkat nasional di Teluk Kuantan tahun 2012.


Setelah mengalahkan Cakaran Olang Timbago dari Desa Kampung Tengah Kecamatan Kuantan Hilir (KH) pada aduan pertama, kini giliran Jalur Lipan Biso Bungo Kumayang dari Desa Pulau Ingu Kecamatan Benai yang ditaklukkan Jalur Selendang Putiah dari Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean. Akibatnya, Jalur tersebut memperoleh tiket untuk berpacu besok (14/8/2013).


Berpacu pada aduan kedua, tepatnya hilir yang keempat sama-sama berasal dari Kecamatan Pangean. Toduang Kuantan yang mengambil posisi jalan sebelah kanan mampu mengungguli Jalur Sutan Nan Garang yang mengambil posisi sebelah kiri. Selain itu, pada aduan pertama Toduang Kuantan juga mampu mendahului haluan Jalur Siluman Nago Putieh dari Pelukahan, KH.


Jalur terakhir yang berasal dari Kecamatan Pangean yang melaju kehari ketiga yakni Ombak Nyalo Simutu Olang. Pada aduan pertama, Gajah Tunggal Bukik Tigo yang dipermalukan Ombak Nyalo Simutu Olang didepan pendukungnya sendiri. Sementara, pada aduan kedua tepatnya hilir yang keempat, Limo Piako Tuah Nagori yang mewakili Kecamatan Logas Tanah Darat yang menjadi keganasan Ombak Nyalo.


Walau menjadi satu-satunya jalur yang mewakili Kabupaten Indragiri Hulu, Sialang Soko Putri Mandi mampu menunjukkan kebolehannya. Buktinya pada aduan pertama ia mampu menaklukkan Jalur Serambi Batuah Bunga Cempaka dari Pulau Sipan Inuman. Tidak puas disitu saja, Sialang Soko juga mampu mengambil alih kekuasaan Raja Laut yang berasal dari Desa Sungai Sorik Kecamatan Kuantan Hilir Sebrang pada aduan kedua. Untuk itu, Sialang Soko berhak melaju ke hari ketiga.


Kesuksesan juga diraih Jalur Meriam Onggang Parau yang merupakan jawara Pacu Jalur Rayon IV Sentajo Raya beberapa waktu lalu. Pada aduan kedua hilir keenam, ia mampu mendahului haluan Jalur Sembaran Olang Pulai dari Desa Rawang Binjai Kecamatan Pangean. Dengan demikian, ia mendapatkan tiket untuk melaju kehari berikutnya.


Tanpa perlu bersusah payah, keberuntungan didapatkan oleh Jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang yang berasal dari Pulau Madinah, KH, yakni menang bay saat mencabut undian.(san)