DUMAI, GORIAU.COM - Aktivis pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Dumai (HMD) melakukan aksi demonstrasi bersama dengan masyarakat nelayan kota Dumai. Aksi yang dilangsungkan Senin (22/9/2014) dimulai pada pukul 10.00 WIB pagi ini hingga pukul 11.30 WIB.

Dalam aksi yang digelar tersebut, massa memblokir pintu masuk perusahaan, mereka meminta PT Inti Benua Perkasatama untuk bertanggungjawab atas pembuangan limbah ke tengah laut Dumai yang dilakukan oleh perusahaan yang hanya bernotabene profit oriented tersebut.

Dalam orasinya koordinator lapangan HMD Abdul rasyid menyampaikan kemarahan kepada PT Inti Benua Perkasatama atas tindakan kejinya yang telah melakukan pencemaran laut Dumai yang berdampak langsung pada masyarakat nelayan yang terganggu aktivitasnya untuk mencari ikan di laut.

''Lihatlah ini nasib para masyarakat nelayan yang bersama kami, jaring-jaringnya rusak, hasil tangkapannya jauh menurun, ikan berhamburan pergi, karang-karang kau gerogoti, laut Dumai kau cemari,'' teriaknya dalam orasi. Massa meminta PT Intibenua agar bertanggung jawab, ganti kerugian masyarakat dan tutup serta cabut izin perusahaan PT Inti benua Perkasatama yang dinilai telah menginjak-nginjak hak rakyat.

Sementara itu, Ketua Umum PP HMD Aderman dalam orasinya juga menyampaikan bahwa pengerukan lumpur dalam jumlah yang besar ini telah dibuang ke laut oleh PT Inti benua Perkasatama ini. ''Ini adalah tindakan melawan hukum, masyarakat dirugikan dan daerah dikhianati. Kami meminta PT. Inti Benua Perkasatama tidak sewenang-wenangnya mengobrak-abrik daerah kami, karena ingatlah bahwa negeri ini masih memiliki tuan. Selain itu juga jika tuntutan ini tidak diindahkan maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menggugat perusahaan untuk mempertanggungjawabkan tindakannya, kita memiliki bukti-bukti yang lengkap,'' tegasnya.

Pada aksi ini, massa membawa spanduk bertuliskan tutup PT Inti benua Perkasatama, dan massa aksi dari HMD bersama masyarakat nelayan juga membawa jaring penangkap ikan yang rusak akibat tindakan yang dilakukan PT Inti benua Perkasatama. (rls)