DUMAI, GORIAU.COM - Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di 7 kecamatan se-kota Dumai, Rabu (16/4/2014) secara serentak menggelar pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 ini.

Pantauan di lapangan, proses pleno di semua PPK ini dipantau dan dibuka langsung oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian serta diawasi petugas panitia pengawas (Panwas) Pemilu setempat.

''Seluruh panitia di kecamatan hari ini akan memulai buka kotak suara dan menghitung perolehan suara Pemilu Legislatif secara terbuka, disaksikan para saksi utusan partai politiK,'' kata Ketua KPU Dumai Darwis, Rabu di Kantor Kecamatan Dumai Timur, Jalan Putri Tujuh, Dumai.

Dijelaskan Darwis, pleno di tingkat PPK ini baru dapat dilaksanakan kini menyusul telah tuntasnya pleno penghitungan perolehan suara pemilu DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi dan Kota ini di tingkat kelurahan, pada Selasa (15/04) kemarin.

Pleno di tingkat kecamatan yang baru bisa dilaksanakan hari ini, tegas Darwis, karena proses penghitungan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 33 kelurahan berlangsung cukup rumit dan sempat terjadi penghitungan ulang di sejumlah TPS.

''Panitia di kelurahan pada Selasa kemarin baru dapat menyelesaikan pleno penghitungan suara sesuai jadwal yang ada, dan pleno di tingkat kecamatan kita rencanakan selesai hingga besok (Kamis,red),'' jelasnya.

KPU Dumai sejauh ini, imbuh Darwis, belum dapat memastikan dan mengumumkan Partai Politik (Parpol) peraih suara terbanyak, karena mesti menunggu tuntasnya penghitungan suara di tingkat Kecamatan.

Sementara, Sekretaris KPU Dumai Zahedi menambahkan, KPU juga sudah membentuk tim dari KPU sendiri untuk monitoring berlangsungnya pelaksanaan rekapitulasi suara di PPK yang ada di kecamatan se Kota Dumai.

''Semoga dalam pelaksanaan rekapitulasi di PPK ini bisa berjalan lancar, dan setelah dilakukan rekapitulasi suara di PPK, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi kembali oleh KPU Kota Dumai,” imbuhnya.

Puluhan Petugas Panwas Dikerahkan

Sementara, Divisi Penindakan dan Penegakkan Hukum pada Panwas Dumai Yossi Rinaldi menyatakan, puluhan petugas pengawas lapangan diturunkan untuk mengawal jalannya pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan.

''Kita bersama KPU dan kepolisian bersama-sama mengawal jalannya pleno ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan serta supaya pelaksanaan penghitungan suara ini berlangsung tertib dan lancar,'' sebut Yossi.

30 Personil di Setiap PPK

Untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 yang sedang berlangsung di masing – masing PPK di 7 Kecamatan yang ada di kota Dumai, pihak Kepolisian mengerahkan sebanyak 30 Personil yang ditempatkan di tiap PPK yang ada.

''Agar proses pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif tahun ini tetap berjalan aman, tertib dan lancar, maka kita mengerahkan anggota sebanyak 30 Personil Polisi di tiap – tiap PPK yang ada di kota Dumai,'' ungkap Kompol Bayu Wicaksono, Rabu (16/4/2014).

Dijelaskan Kepala Polsek Dumai Timur ini, untuk pengamanan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014 yang berlangsung di PPK Dumai Kota dan Dumai Timur, pihaknya mengerahkan sebanyak 60 Personil Polisi. Dengan rincian, 30 Personil ditempatkan di PPK Dumai Timur dan 30 Personil lagi ditempatkan di PPK Dumai Kota.

''Karena, dua PPK itu masih berada di bawah pengamanan kita, maka di tiap – tiap PPK, kita menempatkan sebanyak 30 Personil yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014,” sebut Kompol Bayu.

Ia juga menerangkan, bahwasanya 30 Personil Polisi itu bertugas secara bergantian selama 1 x 12 Jam yang dibagi dalam 3 shift dan dalam setiap shift dipimpin oleh Inspektur Polisi. “ Di satu PPK ditempatkan sebanyak 30 Personil Polisi yang dibagi dalam 3 Shift secara bergantian 1 x 12 jam,” terangnya.

Terakhir, Kompol Bayu berharap, semoga pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Legislatif tahun 2014 yang berlangsung di tiap – tiap PPK yang ada di kota Dumai bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar dan tanpa kendala apapun.

''Mari sama – sama kita jaga suasana Kondusifnya kota Dumai yang kita cintai ini. Dan hormatilah hasil Pileg tahun ini, karena semua kita telah bekerja keras dalam mensukseskan Pemilu Legislatif 2014 ini,” pesan Kompol Bayu.

Sempat Terkendala

Sementara itu, elaksanaan rekapitulasi perhitungan suara di Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) di Dumai Timur sempat terkendala. Terkendalanya di PPK tersebut, karena Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan kesalahan dalam penulisan laporan berita acara di dua TPS yakni TPS 01 dan TPS 10 kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Teluk Binjai.

Dimana, pelaksanaan rekapitulasi perhitungan surat suara yang seharusnya dilakukan di lima PPS pada hari Rabu (16/04), terpaksa hanya dilakukan penghitungan suara di empat PPS saja.

M. Bahri selaku Ketua PPS Teluk Binjai mengatakan, ada beberapa kendala yang dialami oleh PPS Teluk Binjai salah satunya, KPPS salah dalam penulisan laporan berita acara, sehingga membuat perhitungan suara di PPS sempat membuat molor dan hal ini sudah terjadi selama kurang lebih seminggu, dengan demikian laporan berita acara tersebut belum diberikan kepada PPK Dumai Timur.

''Ada beberapa kesalahan terjadi dalam penulisan laporan berita acara di dua TPS tersebut seperti, pemilihan DPT dipindahkan menjadi pemilihan DPK, sedangkan pemilihan H5 atau pemilihan pindah menjadi DPK,'' jelasnya.

Walau demikian, Bahri menegaskan, pihak PPS akan mempersiapkan dan memperbaiki laporan berita acara yang salah dalam penulisan oleh KKPS, setelah itu akan di serahkan kepada PPK siang Rabu ini.

''Kendala saat ini hanya dalam penulisan laporan berita acara saja, walau demikian sekitar jam dua siang akan kita serahkan kepada PPK agar bisa dilakukan rekapitulasi suara di Teluk Binjai tersebut,'' tandasnya. (dcp)