DUMAI, GORIAU.COM - Jika tidak ada kendala, hari ini, Kamis (24/4/2014) 10.000 pelajar dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK se-Kota Dumai, akan mengikuti kegiatan Khatam Qur'an massal yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai, bertempat di Lapangan Bukit Gelanggang (Dumai Central Park) Jalan HR Soebrantas Dumai.

Untuk menyukseskan Khatam Qur’an salah satu rangkaian dari kegiatan tahunan Dumai Gemar Mengaji yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Dumai, Dinas Pendidikan pun telah melaksanakan berbagai persiapan. Salah satunya ialah melakukan rapat bersama Kepala Sekolah SD,SMP dan SMA sederajat se Kota Dumai terkait pelaksanaan kegiatan rutin tahunan itu.

''Semalam (Selasa,red) kita telah menggelar rapat bersama Kepala Sekolah dari berbagai stuan tingkat pendidikan di Kota Dumai. Rapat yang kita gelar itu, guna mensukseskan kegiatan Khatam Qur’an yang akan kita gelar besok (Kamis,red). Ya mudah – mudahan Khatam Quran bisa berlangsung sukses dan lancar. Tanpa kendala apapun,'' ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai Drs Sya'ari, Rabu (23/4/2014).

Ia juga mengharapkan semoga cuaca di kota Dumai bisa mendukung suksesnya Khatam Qur’an itu. ''Kalau persiapan telah kita lakukan, mulai dari peserta didik yang akan mengikuti khatam, pusat kegiatan dan lainnya. Hanya saja, kita khawatir kalau besok hujan dan mudah - mudahan ini tidak terjadi,'' harapnya.

Diterangkan Sya'ari, rangkaian kegiatan Khatam Qur’an yang akan berlangsung besok (Hari ini,red), dimulai dengan kegiatan Hibzil Qur’an 30 Juz yang akan berlangsung malam ini (Rabu malam,red) pukul 19.30 WIB bertempat di Lapangan Bukit Gelanggang yang akan dilakukan oleh para penghapal Qur’an di kota Dumai yang berasal dari peserta didik sebanyak 10 peserta mulai tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Selanjutnya, pada Kamis pagi sekira pukul 06.30 WIB juga akan digelar Pawai Khatam Qur’an dengan melibatkan sebanyak 500 peserta Khatam itu sendiri, dimulai dari depan Kantor PLN Cabang Dumai Jalan Sudirman hingga ke Lapangan Bukit Gelanggang Jalan HR Soebrantas.

''Usai pawai Khatam itu, kita langsung mengkhatamkan Qur’an sebanyak 10 Ribu peserta didik mulai tingkat SD,SMP dan SMA sederajat yang ada di kota Dumai. Karena, Khatam Qur’an ini merupakan kegiatan tahunan Gemar Mengaji yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Dumai. Maka dari itu, besar harapan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,'' harap Kadisdik Dumai.

Terakhir ditambahkan Kadisdik, dalam kegiatan Khatam Qur’an ini, pihaknya juga mengundang penceramah dari Kanwil Kementrian Agama Provinsi Riau. ''Selain Khatam Qur’an, kita juga melaksanakan tausiah agama dengan mengundang penceramah dari Kemenag Provinsi Riau,'' pungkasnya.

Harus Meningkat

Sementara, Walikota Dumai Khairul Anwar berharap kepada Dinas Pendidikan Kota Dumai agar setiap tahunnya peserta didik Kota Dumai yang mengikuti Khatam Qur’an ini dapat terus meningkat.

''Tahun lalu kita telah mengkhatamkan Qur’an para peserta didik yang beragama Islam sebanyak 5 ribu orang dan tahun ini sebanyak 10 ribu orang. Mudah - mudahan tahun depan kita kembali bisa mengkhatamkan Qur’an para peserta didik yang ada di kota Pengantin Berseri ini sebanyak 15 ribu orang. Dan ini menjadi tugas Disdik Dumai, bagaimana peserta Didik kita, mulai dari tingkat bawah (Usia dini,red) minimal sudah bisa membaca Al’qur’an,” harap Walikota.

Menurut orang nomor satu di kota Dumai ini, kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan Kota Dumai ini, tak lain dan tak bukan, untuk mendidik siswa/siswi agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT mulai usia dini. Selain itu, tentunya guna membentengi diri para peserta didik di kota Dumai, dari pengaruh Budaya Asing yang telah menjamur saat ini.

''Ya semoga kegiatan yang kita laksanakan ini dapat meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT. Dan ini telah kita buktikan, dengan melaksanakan Mengaji selama 15 menit di setiap sekolah yang ada di kota Dumai, sebelum proses belajar dan mengajar di mulai,'' tegas Walikota.

Dengan adanya Khatam Qur’an ini, kata Walikota, mudah - mudahan anak selalu termotivasi untuk selalu belajar , mengerjakan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. ''Namun, semua itu dapat berjalan sesuai dengan harapaan kita semua, jika ada peranan orang tua. Karena, kuncinya ada para orang tua anak,'' sebut Khairul Anwar. (dcp)