DURI, GORIAU.COM - Salah satu kecamatan di kabupaten Bengkalis memiliki jumlah penduduk terbanyak, yaitu kecamatan Mandau sebanyak 275.913 jiwa. Bahkan setiap bulannya, ada pendatang atau warga baru yang masuk di kecamatan Mandau sekitar 500 jiwa. Hal itu tak sebanding dengan jumlah penduduk yang keluar setiap bulannya hanya berkisar ratusan jiwa dari kecamatan Mandau.

Dari data yang dihimpun GoRiau.com melalui UPT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), untuk bulan April total pendatang sejumlah 546 jiwa. Sedangkan yang penduduk yang keluar atau pindah sebanyak 112 jiwa. Dimana kelurahan terbanyak pendatang, yaitu kelurahan Air Jamban sejumlah 103 jiwa.

Untuk bulan Mei total pendatang sejumlah 425 jiwa. Penduduk yang keluar sejumlah 115 jiwa. Yang mana kelurahan terbanyak pendatang, yaitu kelurahan Air Jamban 58 jiwa.

Pada bulan Juni total pendatang di kecamatan Mandau sejumlah 499 jiwa. Penduduk yang keluar hanya 129 jiwa. Kelurahan terbanyak jumlah pendatangnya, yaitu kelurahan Air Jamban 105 jiwa.

"Hal ini tentunya menjadi perhatian serius. Karena semakin banyak pendatang lapangan kerja semakin dibutuhkan. Juga tingkat kerawanan akan meningkat," ungkap Kepala UPT Disdukcapil Irdawati saat dikonfirmasi GoRiau.com, Jumat (3/7/2015) siang dikantornya.

Jumlah pendatang yang banyak ini harusnya menjadi perhatian serius dari RT dan RW setempat, ujar Irdawati. Sehingga ada pengawasan dilingkungan RT dan RW.

"Pendatang paling banyak dari daerah Sumatera Utara disusul dari Sumatera Barat," jelas Irdawati.

Jumlah penduduk di kecamatan Mandau yang terus meningkat ini, akan berdampak pada tingkat perekonomian masyarakat. Apalagi penduduk yang pindah tidak memiliki pekerjaan, sedangkan mencari pekerjaan di kecamatan Mandau sangat susah, tutup Irdawati menjelaskan kepada GoRiau.com.(ric)