DURI, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, Jum’at (9/10/2015) siang, menyambut kepulangan 236 jamaah haji (JH) asal Kecamatan Mandau (226 orang) dan Pinggir (10 orang), Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam, pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa kedua jamaah haji Mandau-Pinggir dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia, mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam (Provinsi Kepulauan Riau), sekitar pukul 12.40 WIB.

Saat penyambutan di terminal kedatangan luar negeri Bandara Internasional Hang Nadim Batam, kepada jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci, Rabu (31/8/2015) dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 07 bersama jamaah haji Kabupaten Kuantan Singingi, Ahmad Syah menyampaikan ucapan selamat tiba kembali di Tanah Air. Bukan saja kepada JH Mandau dan Pinggir, tetapi juga JH Kuantan Singingi.

"Assalamu'alakum Pak Haji. Assalamu'alaikum Bu Hajjah. Selamat kembali ke Tanah Air. Semoga menjadi haji mabrur. Semoga menjadi hajjah mabruroh," sapa Ahmad Syah dengan ramah sambil menyalami satu per satu para JH Kloter 07.

Selain mengucapkan selamat kembali ke Tanah Air, khususnya kepada JH Mandau dan Pinggir, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau juga berpesan agar memanfaatkan waktu semalam menginap di Asrama Haji Batam untuk istirahat supaya kondisi tubuh kembali bugar.

"Meskipun hari ini sudah sampai kembali di Tanah Air, tapi belum sampai di Mandau dan Pinggir. Ingat, besok seluruh JH Mandau dan Pinggir kembali juga akan melanjutkan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Karena itu manfaatkan waktu istirahat semalam di Batam ini dengan sebaik-baiknya," pesan Ahmad Syah.

Memang meskipun hari ini JH Mandau dan Pinggir sudah tiba di Batam, namun tidak bisa langsung sampai ke kediaman masing-masing. Mereka baru akan bertolak kembali ke Mandau dan Pinggir, Sabtu (10/10/2015) pagi besok.

Sebagaimana JH Kloter 02, JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 07 ini juga akan kembali ke daerah asal masing-masing menggunakan jalur laut. Menurut rencana, kapal Dumai Line yang disewa khusus Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang akan membawa mereka pulang ke kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, akan bertolak dari pelabuhan Sekupang Batam sekitar pukul 07.30 WIB. Dan, diperkirakan baru sampai di pelabuhan Pelindo Kota Dumai antara pukul 14.30 WIB sampai 15.00 WIB.

Selanjutnya dari Dumai mereka menggunakan bus menuju Masjid Raya Arafah, Kota Duri, Kecamatan Mandau. Setelah itu sholat Ashar berjamaah di masjid yang terletak di Jalan Hang Tuah Duri ini, mereka baru pulang ke kediaman masing-masing. Menurut perkiraan JH dari dua kecamatan ini akan sampai di Masjid Al-Arafah Duri sekitar antara pukul 16.00 WIB sampai 17.50 WIB.

Turut mendampingi Ahmad Syah menyambut para JH Kloter 07 di Bandara Hang Nadim Batam tersebut diantaranya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari dan Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis H Eri Kusuma Pribadi.(rls)