BENGKALIS, GORIAU.COM -BENGKALIS-Polsek Bukit Batu mengamankan dua warga yang melakukan pembakaran lahan untuk membuka kebun miliknya untuk ditanami sawit. Warga tersebut sempat ditegur masyarakat agar tidak membakar lahan, tapi tetap nekad sehingga akhirnya diamankan polisi.

Penangkapan dua warga yang membakar lahan tersebut berawal dari laporan warga ke Polsek Bukit Batu bahwa ada warga yang membuka lahan perkebunan sawit dengan cara membakar. Warga khawatir tindakan kedua warga tersebut akan memicu karhutla yang lebih hesar mengingat saat ini musim kemarau.

Menindaklanjuti laporan warga, Kapolsek Bukit Batu Kompol Sasli Rais bersama tim Polsek langsung datang ke lokasi yang ditunjukkan warga. "Pada Senin  28 Juli 2014 sekira pukul 10.30 WIB, kita  turun ke TKP Karhutla setelah mendapat informasi dari warga Dompas dan Kades Dompas bahwa ada titik api di Dusun Murni Desa Dompas.

Dari informasi itu tim turun ke TKP dan melihat dua orang warga Dompas, Monang Sidabutar dan Nikson Nainggolan sedang berusaha memadamkan api yang diakui Monang Sidabutar bahwa lahan/kebun miliknya seluas 2 hektar sengaja dibakar untuk membersihkan lahan (kebun) untuk menanam bibit sawit," ujar Kapolsek Bukit Batu Kompol Sasli Rais, Kamis (31/7).

Dua warga yang membakar lahan tersebut adalah Monang Sidabutar, Guru di SMA 1 Siak Kecil dan Nikson Nainggolan, warga Perjuangan Desa Sejangat (pekerja kebun).                      

"Berdasarkan keterangan saksi-saksi bhwa tersangka Monang Sidabutar sudah diingatkan dan ditegur oleh warga desa Dompas beberapa hari yang lalu agar jangan membakar lahan miliknya karena saat ini cuaca panas terik namun pada Senin (28/7/2014), Monang Sidabutar kembali membakar lahan miliknya dan api sudah membesar dan tidak bisa dikendalikan . Selanjutnya warga melaporkan kejadian tersebut kepads Kepala desa Dompas dan Kades melaporkan kepada kita," jelas Kapolsek.

Tim Polsek Bukit Batu pun turun ke TKP  Jalan Yahya RT 006 RW 003 Dusun Murni Desa Dompas. Luas lahan yang dibakar jelas Kapolsek, lebih kurang  1 hektar. Tim Polsek Bukit Batu juga berhasil mengamankan narang bukti (BB) berupa Mancis, 1 bungkus rokok, 1 ember dan 2 batang kayu bekas bakar.  Kedua orang tersebut kini diamankan beserta BB di Polsek Bukit Batu.(jfk)