DURI, GORIAU.COM - Sirkuit Road Race yang digadang-gadangkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, hanya mimpi. Dimana keberadaannya oleh pemerintah mampu meredam aksi balapan liar di Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, ternyata hanya isapan jempol. Sirkuit yang terletak di Jalan Stadion, Kelurahan Air Jamban, kini keberadaannya sudah tak terawat lagi.

Dari informasi yang dirangkum GoRiau.com, proyek sirkuit itu menggunakan APBD Kabupaten Bengkalis TA 2013, sebesar Rp8,8 miliar. Sirkuit itu dibangun dilahan seluas 4 hektar, dengan panjang lintasan 1.200 meter. Lucunya, lintasan itu hingga saat ini belum bisa digunakan. Bahkan pembangunannya pun belum selesai, sejak tahun 2012-2014.

"Tak heran, aksi balapan liar yang dilakukan remaja tanggung saat ini masih menggunakan jalan raya sebagai sirkuit," ungkap Samsuri warga Jalan Sultan syarif Kasim, saat ditemui GoRiau.com belum lama ini.

Balapan liar yang dilakukan mayoritas remaja ini pun, tidak hanya pada malam hari, sambungnya. Dirinya pernah menemukan anak-anak remaja menggunakan Jalan Sudirman dan Jalan Hangtuah untuk balapan, pada subuh dan siang hari.

"Balapan liar, sudah mengancam keselamatan di jalan raya dan nyawa. Bukan hanya peran kepolisian saja disini, tapi ada peran pemerintah daerah dan masyarakat juga untuk membasmi balapan liar di Duri," ungkapnya.(ric)