BENGKALIS, GORIAU.COM - Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar KPU Bengkalis, pekan lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan menjadi pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dengan meraih 42.474 suara atau 15,76% dari total suara yang sah.

Berdasarkan UU Pemilu, partai pemenang berhak untuk menduduki kursi ketua DPRD. Namun sampai saat ini DPD PAN Kabupaten Bengkalis belum menentukan siapa yang akan menduduki  posisi pimpinan DPRD periode 2014-2019, menunggu ketetapan pemenang dari KPU Pusat dan menunggu arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

''Kita masih menunggu ketetapan dari KPU pusat bahwa partai kita yang mendapat suara terbanyak di Pemilu kemarin untuk Kabupaten Bengkalis. Terkait masalah pimpinan DPRD kita belum bisa menentukan sikap karena menunggu keputusan dari DPP,'' ujar Ketua DPD PAN Bengkalis, Heru Wahyudi, Senin (28/4/2014).

Ditanya soal kandidat dari partainya untuk diusung menjadi Ketua DPRD Bengkalis, Heru menjawab diplomatis. Dia mengatakan untuk menjadi seorang ketua DPRD harus mempunyai integritas, loyalitas dan tanggung jawab kepada partainya disamping menjalankan tugas untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

''Sebagai seorang ketua DPRD tentu harus mempunyai jiwa besar, integritas tinggi, loyal dan tanggung jawab kepada masyarakat dan partai, sementara ini partai kita pun belum ada pembicaraan ke arah sana karena masih menunggu arahan dari DPP,'' ujarnya.

Ada 8 caleg PAN dipastikan duduk di DPRD Bengkalis. Mereka adalah Heru Wahyudi, Zamzami, Fachrul Nizam, Ita Azmi, Andriyan Prama Putra, Syaiful Ardi, Rianto dan Abdul Kadir. Jika melihat senioritas dan pengalaman politik, Heru Wahyudi dinilai cukup berpeluang jadi ketua DPRD Bengkalis.