MANDAU, GORIAU.COM - Bupati H Herliyan Saleh kembali menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan melanjutkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) yang berakhir Desember 2014 lalu.

Hal itu ditegaskan Herliyan ketika menghadiri acara serah terima dan peresmian gedung los pasar PNPM MPd tahun 2014 di Desa Kesumbu Ampai, Kecamatan Mandau, Minggu (26/4/2015).

''Karena program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, insya Allah pada 2016 akan kita lanjutkan. Namun namanya bukan lagi PNPM MPd. Akan kita rubah menjadi Program Daerah Bengkalis Mandiri (PDBM),'' jelas Herliyan.

Bupati mengatakan, pada 2015 ini sebenarnya Pemkab Bengkalis sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp25 milyar untuk mendukung program PNPM. ''Akan tetapi karena pada akhir 2014 lalu Pemerintah Pusat memutuskan tidak melanjutkan lagi PNPM, dana tersebut tidak bisa dimanfaatkan. Dikembalikan ke kas daerah dan insya Allah akan dimanfaatkan untuk PDBM pada tahun 2016,'' ujar Herliyan.

Turut hadir pada peresmian bangunan yang dibangun dengan dana sekitar Rp340 juta itu, Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa H Ismail, Camat Mandau H Hasan Basri serta Penjabat Kepala Desa Kesumbu Ampai Anita dan Ketua Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Mandau Baharuddin Jang.

Sedangkan anggota DPRD Dapil Mandau yang hadir dalam peresmian pasar yang dibangun di atas tanah wakaf tokoh masyarakat yang juga Ketua BPD Muhammad Yatim tersebut, diantaranya Riyanto dan Andriyan Prama Putra.

Serahkan Sembako

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan sembako yang bersumber dari dana sosial hasil sisa usaha tahun buku 2014 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) di Kecamatan Mandau untuk kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebesar Rp1.270.000.

Kepala Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Baharuddin Jang menjelaskan, sesuai kesepakatan bersama, dana tersebut dikembalikan ke pemanfaat dalam bentuk bantuan sembako.

''Total sembako yang disediakan sebanyak 190 paket dengan harga Rp90.000 per paket,'' jelas Baharuddin Jang.

Perwakilan yang menerima bantuan Sembako tersebut sebanyak 10 orang. Mereka berasal dari Desa Sebangar (3 orang), Kelurahan Pematang Pudu (2) Kelurahan Duri Timur (1), Desa Petani (1), Kelurahan Gajah Sakti (8) dan Kelurahan Babussalam (2).

''Sedangkan sisanya akan dibagikan Rabu (29/4) mendatang di lantai II Kantor Camat Mandau,'' ujar Baharuddin Jang.(ail)