BENGKALIS, GORIAU.COM - Sempena menyambut dan memeriahkan Tahun Baru 1437 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Pekan Muharam. Kegiatan yang bernuansa Islami tersebut dimulai dari 10 hingga 13 Oktober yang berakhir dengan Zikir Keliling Kota atau Pawai Zikir.

Kabag Humas Setda Bengkalis, Johansyah Syafri, di sela-sela penyambutan Jamaah Haji Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau-Pinggir, di Embarkasi Hang Nadim Batam, Jumat (9/10/2015), mengatakan tujuan dari Pekan Muharam ini dilaksanakan, sebagai upaya untuk menghidupkan syi'ar Tahun Baru Islam dikalangan masyarakat Muslim. Sebab selama ini, sebagian dari umat Islam, terutama generasi muda yang kurang memaknai pergantian Tahun Baru Hijriyah.

''Kita berharap melalui kegiatan-kegiatan bernuansa Islami ini, semakin mengenalkan nilai-nilai agama di kalangan masyarakat Muslim, khususnya generasi muda. Terlebih selama pelaksanaan Pekan Muharam ini, digelar berbagai perlombaan yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan umat Islam tentang nilai-nilai agama,'' ungkap Johansyah.  

Lebih lanjut Johan, menghimbau kepada seluruh Umat Islam untuk membawa anak-anaknya guna menyaksikan berbagai perlombaan yang bakal dilaksanakan sempena Pekan Muharam 1437 Hijriyah. Langkah ini penting, agar generasi muda Islam mengetahui tentang ilmu agama Islam.

Berdasarkan tentatif yang diterima dari Bagian Kesra Setda Bengkalis, kegiatan Pekan Muharam ini dimulai Sabtu besok (10/10), diawali dengan lomba pidato tingkat SLPT sederajat yang digelar di Masjid Istiqomah pukul 08.00 WIB. Kemudian pada hari yang sama akan digelar lomba barzani tingkat desa se-Kabupaten Bengkalis di Gedung Cik Puan Bengkalis pukul 20.00 WIB.

Kemudian pada hari Minggu (11/10), digelar perlombaan lomba salat berjamaah tingkat sSekolah Fasar di Masjid Istiqomah pukul 08.00 WIB, lomba barzanji tingkat desa se-Kabupaten Bengkalis di Gedung Cik Puan pukul 08.00 WIB.

Pada malam harinya dilaksanakan Zikir Akbar Keliling (Pawai Zikir) Kota Bengkalis dimulai di Masjid Istiqomah, pukul 20.00 WIB. Rute pawai zikir ini dimulai dari Jalan Patimura depan Masjid Istiqomah - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Ahmad Yani - Jalan Hang Tuah dan kembali lagi ke Jalan Patimura dan berakhir di Masjid Istiqomah. Selama melintasi rute jalan Pawai Zikir, peserta akan melantunkan zikir-zikir, kemudian di setiap persimpangan jalan akan dilantunkan Adzan.

Kemudian pada Senin (12/10/2015) kembali dilanjutkan dengan perlombaan pukul 08.00 WIB, yakni lomba salat jenazah tingkat SLTA sederajat di Masjid Istiqomah. Puncaknya pada Selasa dimulai sejak pukul 15.00 WIB, diawali dengan salat berjamaah di Masjid Istiqomah, kemudian dilanjutkan Muhasabah akhir tahun. Usai salat Isya dilanjutkan dengan acara Peringatan Tahun Baru 1437 Hijriyah. ail-