DURI, GORIAU.COM - Hujan deras disertai angin kencang dan petir yang mengguyur Kota Duri, Mandau, Bengkalis, Riau, Senin (27/4/2015) malam, membuat 70 Kepala Keluarga (KK) di Jalan Tegal Sari RT.03 RW.20, Kelurahan Air Jamban terendam banjir, setinggi lutut orang dewasa.

Penyebabnya dikarenakan parit yang kecil tidak mampu menampung debit air yang besar, sehingga warga pun harus menyelamatkan harta benda ke tempat yang lebih tinggi.

"Saya malam itu langsung turun ke lapangan, banjir mulai merendam rumah warga sejak pukul 20.30 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Ya kurang lebih sekitar 2 jam rumah warga terendam air berwarna coklat keruh," ungkap Lurah Air Jamban, Daswan, Selasa (28/4/2015) dikantornya.

Parit yang kecil itu dikatakan Daswan, sepanjang 100 meter. Untuk itu dirinya akan membawa permasalahan ini ke Pemerintah Kecamatan Mandau, untuk mendapatkan solusi terbaik baik warga.

"Dulunya wilayah itu memang langganan banjir, tapi tidak separah pada Senin malam kemarin," kata Daswan lagi.

Ketua RT.03, Musrizal, berharap Pemerintah Daerah memperhatikan kondisi yang saat ini ada di RT.03 RW.20. Agar masyarakat bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari saat hujan turun.

"Kita mengharapkan Pemerintah Daerah membesarkan parit yang kecil. Karena jika parit yang ada bertambah besar, akan mampu menampung debit air yang ada. Warga juga sudah melaksanakan gotong royong setiap bulan dua kali membersihkan parit, agar air yang mengalir lancar," jelas Musrizal.

Warga di Kota Duri yang sering mengalami banjir saat hujan deras berharap Pemerintah Daerah lebih memperhatikan kesejahteraan warga yang ada. Sehingga warga pun bisa beraktifitas dengan normal.(ric)