BENGKALIS, GORIAU.COM - Lomba tarik tambang antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berlangsung meriah, Kamis (21/8).  Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69 yang dipusatkan di lapangan voli pantai, Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Bengkalis.

Lomba yang diikuti regu putra dan putri ini bukan saja mendapat perhatian dan menjadi hiburan bagi pegawai/staf masing-masing SKPD yang menjadi peserta, tetapi juga masyarakat umum. Ini terlihat dari sorak sorai, tepuk tangan dan teriakan yang mereka berikan untuk mendukungan setiap regu yang sedang berlomba.

Di bagian putra, keluar sebagai juara pertama pada lomba yang dikoordinir Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Dinas Sosial Bengkalis itu regu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis.

Di partai puncak, regu putra RSUD meskipun awalnya mendapat perlawanan sengit pada lomba yang berlangsung di tengah hujan gerimis itu, akhirnya berhasil mengalahkan regu putra Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD). Kekalahan dari RSUD di babak final itu membuat regu putra BPMPD akhirnya harus puas sebagai runner up.

Sementara regu putra Satpol PP yang tahun lalu menjadi pemenang pertama dan pada lomba tahun ini kembali difavoritkan mengulang sukses, hanya berhasil menjadi juara ketiga. Sedangkan pemenang keempat direbut raih Sekretariat DPRD Bengkalis.

Meskipun gagal di regu putra, di regu putri Satpol PP yang memang dijagokan untuk meraih juara pertama, berjaya mengalahkan lawan-lawannya. Di babak final, regu putri SKPD yang saat ini dinakhodai H Nazamuddin tersebut berhasil mengkandaskan perlawanan regu putri Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Di babak final sebenarnya regu putri DKP telah berjuang sekuat tenaga. Sayangnya, meskipun mereka sudah mencoba memberikan perlawanan dengan sekuat tenaga, namun akhirnya dipaksa mengakui keunggulan regu putri Satol PP dan harus puas menjadi pememang kedua. Adapun juara ketiga dan keempat untuk regu putri ini direbut BPMPD dan Dinas Pendidikan.

Koordinator lapangan panitia lomba tarik tambang antar SKPD di lingkungan Pemkab Bengkalis, H Mukhlis mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-69, juga merupakan ajang silaturahim antar pegawai/staf seluruh SKPD.

Meskipun dalam lomba yang diikuti 12 SKPD untuk regu putri dan 23 SKPD untuk regu putra ada yang menang dan kalah, sambung mantan Kepala SMA Negeri 1 Bengkalis ini, hal itu bukan menjadi tujuan penyelenggaraan.

''Menang dan kalah itu hal wajar, namun itu bukan tujuannya. Begitu juga nilai hadiahnya. Tetapi untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan. Melalui lomba ini diharapkan keakraban dan rasa kebersamaan antar pegawai/staf seluruh SKPD yang ada yang selama ini sudah terjalin dengan baik dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan,'' kata Mukhlis.

Untuk masing-masing pemenang lomba tarik tambang ini, panitia pelaksana memberikan hadiah dalam bentuk uang tunai. Namun Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Dinas Sosial Bengkalis ini tidak bersesia menyebutkan nominalnya.

''Jumlahnya tak seberapa. Hadiah yang diberikan itu hanya sebagai bentuk apresiasi panitia pelaksana atas keikutsertaan dan keberhasilan masing-masing regu menjadi pemenang dalam lomba inin,'' imbuh Mukhlis.(jfk)